Kembali Digalakkan, Ribuan Truk Obesitas Dipotong di Wilayah Ini

M. Adam Samudra - Kamis, 9 Desember 2021 | 11:01 WIB
Pemotongan Truk Over Dimension Over Load
Kemenhub
Pemotongan Truk Over Dimension Over Load

GridOto.comKementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, terus berupaya menyelesaikan persoalan keberadaan truk-truk yang memiliki dimensi dan muatan berlebih atau Over Dimension Over Loading (ODOL).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengungkapkan sejak November 2021 pihaknya berhasil melakukan normalisasi terhadap 1.156 kendaraan Over Dimension Over Loading (ODOL) di Provinsi Jawa Timur.

“Jumlah 1.156 kendaraan yang sudah dinormalisasi tersebut, saya kira cukup banyak di Jawa Timur. Memang sekarang hampir semua provinsi sedang gencar melakukan normalisasi karena untuk mempercepat terlaksananya Zero ODOL pada Tahun 2023 mendatang," kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (9/12/2021).

Menurutnya tantangan yang dihadapi pemerintah di bidang transportasi cukup berat.

Hal ini tentunya harus diikuti persiapan infrastruktur yang memadai, penyediaan armada yang cukup, serta pelayanan yang berkualitas.

Hingga kini pemerintah diklaim terus berupaya melakukan penegakan hukum seoptimal mungkin khususnya terhadap mobil barang.

“Oleh karena itu kami mengapresiasi para pengusaha di Jawa Timur yang sudah berusaha menyesuaikan ukuran kendaraannya dengan regulasi, terlebih menyerahkan kendaraannya untuk dinormalisasi," bebernya.

Dengan adanya kendaraan ODOL selain merusak jalan juga mengakibatkan semakin tingginya angka kecelakaan.

Baca Juga: Indonesia Bebas ODOL 2023, Kemenhub Gencar Bangun Jembatan Timbang


Editor : Fendi
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa