Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Soroti Ganjil-Genap di Tol, Pemerhati Masalah Transportasi : Jangan Latah

M. Adam Samudra - Minggu, 5 Desember 2021 | 09:10 WIB
Ilustrasi PPKM diperpanjang
BKIP Kemenhub
Ilustrasi PPKM diperpanjang

GridOto.com - Pemerhati Masalah Transportasi Budiyanto mengatakan, pemberlakuan nomor polisi ganjil-genap di jalan tol saat Nataru 2022 perlu kajian yang komprehensif sebelum diberlakukan. 

"Pada prinsipnya bahwa pembatasan lalu lintas dalam skema Ganjil - Genap dari aspek regulasi lalu lintas diperbolehkan namun tidak boleh latah," kata Budiyanto melalui keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/2021).

Menurut Budiyanto hal itu harus melalui pengkajian dari beberapa aspek politik, ekonomi, sosial, hukum dan keamanan karena nantinya akan bersentuhan dengan hajat orang banyak.

 Ia melanjutkan, penerapan Ganjil-Genap tidak bisa menggunakan kebijakan tunggal tetapi harus menyeluruh.

"Dalam tahap pelaksanaannya pun perlu ada evaluasi apakah dengan adanya program ganjil-genap ada perubahan yang positif tidak dari aspek lalu lintas dan angkutan jalan," ucapnya.

"Perubahan yang dimaksud dapat dilihat dari beberapa indikator, misalnya volume kendaraan (sebelum dan sesudah pelaksanaan), kecepatan (bertambah atau berkurang), travel time/waktu tempuh, mindset masysrakat (dari kendaraan pribadi pindah ke angkutan umum), tingkat polusi," imbuh dia.

Terakhir, eks Kepala Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini mengungkapkan perlu analisa dan evaluasi yang dilakukan secara sungguh-sungguh usai uji coba ganjil-genap ini diberlakukan.

"Dan dalam pelaksanaannya pun diharapkan melalui pentahapan jelas untuk meminimalkan dampak yang akan terjadi. Perlu ada evaluasi untuk mengetahui progresnya," tandasnya.

Baca Juga: Jelang Nataru, Benarkah Ganjil Genap Bakal Berlaku di Jalan Tol? Ini Penjelasan Polisi

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa