Istimewanya Roll Cage Mobil Reli Citroen C3 R5, Jaga Sean Gelael dan Bamsoet Tetap Aman Meskipun Mobil Sampai 'Gepeng'

Muhammad Rizqi Pradana - Minggu, 28 November 2021 | 19:45 WIB
Roll cage Citroen C3 R5 di mobil Sean Gelael
GridOto..com/Fendi
Roll cage Citroen C3 R5 di mobil Sean Gelael

GridOto.com - Sean Gelael dan Bambang Soesatyo terlibat kecelakaan parah ketika mengikuti kejurnas sprint reli 2021 di Meikarta, Jawa Barat pada Sabtu (27/11) siang lalu.

Mobil Reli Citroen C3 R5 yang ditumpangi Sean Gelael serta Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo, terguling berkali-kali ketika melahap SS2 sprint reli Meikarta.

Beruntung, baik Sean maupun Bamsoet yang masing-masing berperan sebagai driver serta co-driver berhasil keluar tanpa cedera.

Bahkan Bamsoet sempat berpose tersenyum di belakang Citroen C3 R5 yang ‘gepeng’ setelah menghantam tanah tersebut.

Salah satu perangkat safety yang berjasa besar meloloskan Sean dan Bamsoet dari cedera adalah safety cage atau biasa juga disebut roll cage.

Bamsoet masih sempat berpose tersenyum di belakang mobil reli Citroen C3 R5 yang 'gepeng' setelah salto berkali-kali.
Istimewa.
Bamsoet masih sempat berpose tersenyum di belakang mobil reli Citroen C3 R5 yang 'gepeng' setelah salto berkali-kali.

Regulasi Federation Internationale de l’Automobile (FIA) lampiran J, pasal 253 ayat 8 memaparkan definisi dari safety cage ini.

Tepanya struktur multi-tubular yang terpasang di kokpit dan berada dekat dengan rangka, yang berfungsi untuk mengurangi deformasi sasis jika terjadi benturan.

 

“Tapi roll cage juga berfungsi untuk menambah rigiditas dari bodi mobil, sehingga berpengaruh ke performa juga,” ujar Nazly Persadaan Sanie Siregar, Owner bengkel spesialis mobil reli yaitu Riverside kepada GridOto.com saat ditemui di Meikarta pada Minggu (28/11/2021).

Baca Juga: Bukan Karena Jumping, Saksi Mata Ini Ungkap Penyebab Kecelakaan Bamsoet dan Sean Gelael di Sprint Reli Meikarta 2021


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa