Segini Batas Aman Lewati Genangan Air Pakai Motor Listrik

Muhammad Farhan - Rabu, 17 November 2021 | 18:40 WIB
Honda BeAT FI 2014 custom jadi motor listrik buatan Petrikbike
Farhan
Honda BeAT FI 2014 custom jadi motor listrik buatan Petrikbike

 

GridOto.com – Ingin lewati genangan air pakai motor listrik? Perhatikan batas amannya.

Dibandingkan motor bermesin bensin konvensional, masih banyak yang khawatir dengan motor listrik terutama saat kondisi hujan atau kondisi jalanan basah.

Banyak yang takut kalau motor listrik rawan rusak atau bermasalah jika dipakai dalam kondisi hujan atau saat lewat genangan.

Ternyata, meskipun bertenaga listrik dan punya tegangan tinggi, motor listrik bisa digunakan dengan aman layaknya motor biasa saat kondisi hujan dan banyak genangan.

 Baca Juga: Bisa Terbakar! Jangan Sembarangan Saat Ganti Kabel Motor Listrik

“Sebab jenis arus yang digunakan sudah dirancang aman bagi pengguna motor, kalaupun terjadi korsleting sudah ada sekring yang berfungsi memutus arus secara otomatis,” yakin Ady Siswanto, owner bengkel Petrikbike, Bekasi, Jawa Barat.

Enggak sampai bikin tersengat listrik, seandainya nekat dipakai menerobos banjir paling parah komponen motor listrik hanya terjadi kerusakan.

Batas aman motor listrik kalau ingin melewati banjir
Isal/GridOto.com
Batas aman motor listrik kalau ingin melewati banjir

“Komponen motor listrik sendiri dari pabrikan umumnya sudah dirancang kedap air, namun jika kondisinya terendam air tetap saja ada risiko korsleting,” jelasnya.

Nah supaya aman dikendarai meski lewat genangan air, ternyata patokannya pun mudah buat kalian yang sudah biasa mengendarai motor bensin konvensional.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa