Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor 4-tak Ngebul Putih Jangan Keburu Salahin Ring Piston Lemah, Bisa Jadi Karena Part Ini Doang

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 17 November 2021 | 10:10 WIB
Knalpot ngebul putih
Istimewa
Knalpot ngebul putih

GridOto.com - Motor bermesin 4-tak sampai mengeluarkan asap putih dari knalpot, wah itu tandanya sudah ada masalah dan ring piston atau boring baret biasanya jadi tersangka.

Tapi tunggu dulu, penyebab motor 4-tak mengeluarkan asap putih dari knalpot sebetulnya karena oli yang ikutan terbakar di ruang mesin.

Makanya jangan sampai motor 4-tak jadi ngebul seperti mesin 2-tak yang memang membakar oli samping di ruang mesin.

Karena inti utamanya oli yang masuk ke ruang mesin, tentu penyebabnya enggak hanya ring piston lemah atau boring baret saja nih Sob.

Salah satu yang sering kejadian, oli bisa masuk ke ruang mesin karena komponen kecil bernama seal (sil) klep yang berada di bagian kepala silinder.

Seal klep ini seperti ring piston bertugas menjaga oli mesin tidak sampai masuk ke dalam ruang silinder akibat isapan piston.

Nah biasanya pada kendaraan yang sudah berumur, seal klep akan mengalami lemah karena kondisinya sudah tidak rapat dengan batang klep dan bikin oli mesin bisa lolos ke dalam ruang silinder.

Nah ternyata ada salah satu cara buat membedakan motor kamu ngebul gara-gara sil klep lemah atau ring piston yang sudah minta diganti.

"Kalau yang bermasalah dari ring piston sudah lemah, biasanya ada suara 'ngerik' seperti ngelitik. Tapi kalau sil klep yang bermasalah enggak ada suara ngelitik. Lalu ngebulnya justru terlihat banyak saat mesin masih dingin. Kalau sudah panas, ngebulnya berkurang,"ungkap Shoimurrohman, Kepala Bengkel Astra Motor Solo Baru kepada GridOto.com.

Seal klep ini bisa getas dan harus diganti
MOTOR Plus|Ryan
Seal klep ini bisa getas dan harus diganti

Baca Juga: Biaya Ganti Sil Klep Motor, Partnya Murah Jasanya Lumayan Mahal

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa