Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkendara di Jalan Tol Dianggap Tidak Aman, Begini Tanggapan BPTJ

Hendra - Sabtu, 6 November 2021 | 06:05 WIB
Kecelakaan akiat jalan tol tidak aman?
Twitter
Kecelakaan akiat jalan tol tidak aman?

GridOto.com- Kecelakaan yang menimpa artis Vanessa Angel bersama suami dan Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof I Gede Supatra Budisatria beberapa waktu mencuatkan pendapat jalan tol di Indonesia di anggap tidak aman. 

Sebuah tulisan beredar di WAG yang ditulis Ir. Gatot Rusbintarjo, Ph.D menyebutkan dengan jelas hal ini. 

"Pertama karena perkerasan jalan dibuat dengan beton semen yang memiliki skid resistance kecil. Skid resistance merupakan daya cengkeram ban dengan permukaan jalan," jelas dosen Fakultas Teknik Sipil Undip. 

Menurutnya dengan skid resistance kecil maka apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan mengerem, maka mobil tidak segera berhenti karena tidak ada daya cengkeram memadai antara ban dengan permukaan jalan. 

Berikutnya menurut Gatot adalah dinding pembatas tol yang tebal dan kokoh. 

"Jika ada mobil slip dan menabrak tembok beton, maka akibatnya fatal seperti yang dialami artis VA," kata pria yang juga mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta lainnya. 

Terhadap hal ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan setiap Jalan Tol yang beroperasi juga telah melalui rangkaian terakhir penilaian sebelum dapat dioperasikan, yakni uji laik fungsi dan laik operasi.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol sesuai dengan standar managemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik. 

Baca Juga: Berkaca Dari Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Wajib Istirahat Saat Mengantuk, Segini Lo Jarak Antar Rest Area di Jalan Tol

Baca Juga: Jangan Lalai Saat Mengemudi, Kecelakaan Hingga Merusak Fasilitas di Jalan Tol Bisa Ditagih Ganti Rugi Oleh Jasa Marga

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa