Aturan Pajak Baru Berbasis Emisi, Harga Mobil Listrik Nissan Leaf Alami Penyesuaian, Melonjak Hingga Puluhan Juta Rupiah

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 3 November 2021 | 13:05 WIB
Mobil listrik Nissan Leaf
Rianto P/GridOto.com
Mobil listrik Nissan Leaf

GridOto.com - Regulasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi resmi diberlakukan oleh pemerintah pada 16 Oktober 2021 lalu.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 74 tahun 2021 yang mengatur perhitungan pajak kendaraan bermotor menggunakan skema karbon atau emisi gas buang.

Artinya semakin kecil emisi gas buang dari suatu kendaraan, maka akan semakin kecil juga pajak yang dikenakan untuk kendaraan tersebut.

Selain itu, dampak pajak berdasarkan tingkat emisi ini membuat harga mobil baru yang dikenakan PPnBM akan mengalami penyesuaian.

Tan Kim Piauw, Sales & Marketing Director PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan, sejak regulasi tersebut berlaku pihaknya telah melakukan penyesuaian harga termasuk untuk line up mobil listriknya.

"Pemerintah pada tanggal 16 Oktober sudah memberlakukan peraturan baru PP 74, hampir semua merek sudah melakukan penyesuaian harga dan itu pun dilakukan oleh Nissan termasuk ke mobil listrik," ujar Tan dalam konferensi pers peluncuran SPKLU Nissan di Jakarta, Senin (1/11/2021).

Tan mengungkapkan, Nissan Leaf yang awalnya dibanderol Rp 649 juta menjadi Rp 679 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta.

"Jadi Nissan Leaf kami perkenalkan sejak tanggal 16 Oktober dengan harga Rp 679 juta, itu adalah harga penyesuaian sesuai dengan aturan yang baru," ungkap Tan.

Baca Juga: Pemberlakuan Tarif PPnBM Untuk Mobil Listrik, Begini Tanggapan Nissan Indonesia


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa