Ingat! Modifikasi Lampu Kendaraan Bisa Kena Pidana, Ini Sanksi dan Dendanya

M. Adam Samudra - Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi lampu halogen berwarna putih
Kaskus.co.id
Ilustrasi lampu halogen berwarna putih

GridOto.com - Lampu punya peran penting bagi sebuah kendaraan saat berkendara di jalan raya.

Namun, masih banyak pemilik mobil ataupun sepeda motor yang mengutak-atik lampu agar terlihat lebih keren, padahal hal itu berbahaya dan bisa dikenakan sanksi.

Melakukan modifikasi pada kendaraan adalah hal yang sah-sah saja, tetapi perhatikan juga komponen apa yang dimodifikasi.

Pasalnya tidak semua peranti pada kendaraan bisa diganti, salah satunya adalah lampu.

Terdapat aturan yang menjelaskan soal lampu kendaraan untuk mobil ataupun sepeda motor.

Secara garis besar, regulasi mengenai lampu kendaraan sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Penggunaan lampu warna warni (modifikasi) sebetulnya kalau berbicara normatif sesuai dengan bunyi pada undang-undang sudah dijelaskan pada UU no.22 Tahun 2009 pada pasal 106 ayat 3 yaitu setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan tentang persyaratan teknis dan laik jalan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono kepada GridOto.com, Kamis (14/10/2021).

Menurut Argo, persyaratan teknis dan laik jalan tersebut salah satunya adalah sesuai dengan pada pasal 48 ayat 3 poin g yaitu daya pancar dan arah sinar lampu utama.

Baca Juga: Lampu Rem Motor Mati Saat Pasang Footstep Underbone, Ini Solusinya

Baca Juga: Semua Wajib Tahu, Enggak Perlu Razia Lagi, Polisi Sedang Pertimbangkan Tilang Pelanggar Lewat Rekaman HP Saja

"Tentunya kendaraan yang keluar dari pabrik sudah melalui uji standar yang telah diterapkan oleh pabrik tersebut sehingga apabila merubah model yang tentunya harus sesuai dengan yang di awal sudah terpasang," bebernya.


Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa