Biar Nggak Salah, Begini Cara Baca Kode Aki Mobil yang Benar

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 29 September 2021 | 10:35 WIB
Ilustrasi Aki Mobil
GridOto.com
Ilustrasi Aki Mobil

GridOto.com - Seperti yang kita tahu, setiap mobil punya kode aki yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan dayanya.

Untuk itu, kamu bisa melihat kode aki pada bodi atau buku petunjuk manual kendaraan, untuk memastikan tidak ada kesalahan saat akan mengganti aki mobik baru.

Nah, kali ini akan diberikan panduan membaca kode kapasitas aki mobil supaya kamu lebih paham.

Lantas, apakah kamu tahu caranya membaca kode pada aki mobil?

Pada dasarnya, kode aki dituliskan mengikuti 2 standar, yaitu Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutsches Institut für Normung (DIN).

Sedangkan yang lebih banyak beredar adalah aki berstandar JIS, karena sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kendaraan Jepang.

Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub), modelnya akan tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).

Teguh Budi Santoso, selaku Foreman Tunas Toyota Bekasi, mengatakan kalau untuk aki standar JIS itu contohnya memiliki kode NS40ZLS.

Baca Juga: AISIN Resmi Terjun ke Pasar Aki Mobil, Umur Pemakaian Diklaim Lebih Panjang Berkat Teknologi Baru, Harga Mulai Rp 1 Jutaan


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa