Bikin Penasaran, Ternyata Ini Arti Istilah Jet Cooled di Motor Suzuki 2-Tak

Muhammad Farhan - Jumat, 24 September 2021 | 12:10 WIB
Suzuki RC100 Jet Cooled
rosaemente.com
Suzuki RC100 Jet Cooled

GridOto.com – Sering bikin orang penasaran, ternyata ini arti istilah Jet Cooled yang bisa ditemui pada motor bermesin 2-tak keluaran Suzuki.

Tulisan Jet Cooled pada motor Suzuki bisa terlihat pada beberapa produknya seperti RC80, Bravo, Crystal, Tornado, hingga Satria 120.

Bukan teknologi atau fitur yang bikin mesin lebih kencang, ternyata arti istilah tersebut diberikan buat sistem pendinginan mesin yang dimiliki.

“Terinsipirasi dari mesin jet, terdapat kipas pendingin yang terhubung dengan semacam ruangan di sekeliling blok silinder mesin motor,” terang Indrawan, kepala mekanik Suzuki SMG Sunter, Jakarta Utara.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu, Ini Bedanya Oli Mesin dan Oli Samping Motor 2-Tak

Terhubung dengan putaran kruk as, putaran kipas pendingin ini otomatis aktif pada saat mesin bekerja untuk menghisap udara dingin dari luar.

Pada motor Suzuki 2-tak, posisi kipas pendingin ini ada di sebelah kiri mesin, tepatnya dibalik cover yang bertuliskan Jet Cooled.

Teknologi Jet Cooled pada motor bebek Suzuki Satria 120 2-tak
Farhan
Teknologi Jet Cooled pada motor bebek Suzuki Satria 120 2-tak

Nah sebetulnya teknologi serupa juga bisa ditemui di motor lain seperti Vespa 2-tak, motor bebek Yamaha 2-tak bahkan juga diterapkan di motor matic saat ini.

“Selain itu, terdapat sistem jet needle dari crankcase yang mengarah ke bagian bawah piston, sehingga suhu mesin terjaga dan tetap terlumasi dengan baik meskipun sedang dipacu di rpm tinggi,” lengkapnya.

Baca Juga: Tips Beli Motor Bekas Jenis 2-tak, Begini Cara Menakar Oli Sampingnya


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa