Mahal Belum Tentu Cocok, Begini Tips Memilih Oli Samping Motor 2-Tak

Muhammad Farhan - Rabu, 15 September 2021 | 18:40 WIB
Ilustrasi oli samping
Motorplus.online
Ilustrasi oli samping

GridOto.com – Harga lebih mahal belum tentu cocok digunakan, begini tips memilih oli samping yang tepat buat motor 2-tak menurut bengkel spesialis.

Banyaknya merek dan tipe oli samping di pasaran mungkin bisa membingungkan, terutama buat yang baru saja main motor 2-tak.

Karena enggak paham, enggak sedikit bikers yang menyakini oli samping merek ternama dengan harga mahal pasti lebih bagus dari yang harganya murah.

“Pada dasarnya oli samping semua sama, hanya beda dari bahan dasar serta additif yang digunakan oleh pabrikan oli,” buka Barutoyo Tri Hastono, owner bengkel Pitstop TPZ, spesialis 2-tak, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu, Ini Bedanya Oli Mesin dan Oli Samping Motor 2-Tak

Contohnya ada oli samping dengan additif low smoke yang membuat asap knalpot lebih tipis dan parfum supaya asap menghasilkan wangi tertentu.

Sedangkan bicara harga, faktor produksi oli yang masih impor serta kapasitas oli yang ditawarkan tentu membuat harganya lebih mahal.

Ilustrasi pilihan oli samping motor 2-tak
Istimewa
Ilustrasi pilihan oli samping motor 2-tak

“Memilih oli samping paling penting lihat dari spesifikasinya. Mudahnya bisa lihat dari kode JASO yang tercantum di kemasan,” lengkapnya.

Oli samping di pasaran sendiri tersedia pilihan JASO FB atau mineral, JASO FC yang berarti semi sintetik dan FD atau full sintetik.

 Baca Juga: Tips Simpel Ini Bikin Mesin Motor 2-tak Lebih Awet Saat Dipakai Harian


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa