Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sama-sama Soft Compound, Ban Motor Biasa dan Ban Balap Ternyata di Sini Bedanya

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 7 September 2021 | 12:25 WIB
Meskipun sama-sama ban soft compound, ban motor biasa dan ban motor balap tetap ada bedanya, gak cuma masalah botak saja loh.
Pradana/GridOto.com
Meskipun sama-sama ban soft compound, ban motor biasa dan ban motor balap tetap ada bedanya, gak cuma masalah botak saja loh.

GridOto.com - Kini, makin banyak produsen ban yang menawarkan ban motor soft compound alias ban motor dengan kompon lunak di pasar Indonesia.

Karena tidak sedikit pencinta roda dua terutama mereka yang mementingkan performa mengganti ban motor mereka dengan ban motor soft compound.

Maklum, ban soft compound menawarkan daya cengkram yang jauh lebih baik dibandingkan ban harian yang umumnya memiliki kompon sedang bahkan keras.

Makanya tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa ban soft compound adalah ban balap yang bisa dipakai di jalan raya.

Padahal ada beberapa perbedaan antara ban soft compound dengan ban balap motor murni, bahkan untuk yang sama-sama memiliki kompon lunak.

“Yang paling jelas kalau ban balap motor murni itu umumnya punya tapak botak alias slick untuk ban keringnya,” ujar Andreas Somawidjaja selaku Department Head of Pirelli & KYB 2W PT Astra Otoparts kepada GridOto.com, Rabu (1/9/2021).

Sementara ban soft compound untuk di jalan raya itu selalu punya kembangan karena harus bisa dipakai saat jalanan basah juga. 

Maka dari itu juga, mayoritas ban balap adalah ban Non Highway Service (NHS) sehingga tidak legal untuk dipakai di jalan raya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa