Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Cara Jitu Merawat Transmisi Toyota Camry XV40, Cukup Rp 400 Ribu Matik Bisa Bebas Penyakit

Harun Rasyid - Minggu, 5 September 2021 | 15:45 WIB
Toyota Camry XV40 bekas
Istimewa
Toyota Camry XV40 bekas

GridOto.com - Penggantian oli transmisi jadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat merawat mobil bekas Toyota Camry lansiran 2006 hingga 2012.

Sebab jika tidak dirawat dengan benar, transmisi matik 6 percepatan milik Toyota Camry berkode bodi XV40 bisa mengalami sejumlah masalah.

"Penyakit Toyota Camry XV40 itu ada di balance shaft di dalam gearbox-nya dan kebocoran oli transmisi pada seal converter-nya. Penyebab masalah ini karena mobil telat ganti oli transmisi," ujar Ismatullah, Owner bengkel spesialis Toyota Ismed Motor di Tangerang Selatan kepada GridOto.com, Kamis (2/9/2021).

Karena itu ia menyarankan, pemilik sedan mewah ini harus rutin mengganti oli matik Toyota Camry XV40 sesuai anjuran pabrikan.

"Ganti oli matik Toyota Camry XV40 sebaiknya di kelipatan 40.000 kilometer," kata pria yang akrab dipanggil Ismed tersebut.

"Kalau untuk Camry, biasanya kami pakai oli TMO dari Toyota dengan spek T-IV. Harga olinya sekitar Rp 400 ribu per galon (4 liter). Penggantian oli matik ini akan kena biaya jasa Rp 50 ribu di bengkel," lanjutnya.

Jika oli belum diganti dalam interval lebih dari 40 ribu km, pemilik Camry bisa juga menguras oli transmisi mobil miliknya di bengkel.

"Biasanya untuk mobil konsumen kami pakai metode refill atau ganti saja, tapi kalau pakai metode kuras itu bisa menghabiskan 2 galon atau 8 liter oli, dengan biaya mencapai Rp 900 ribuan," jelas Ismed yang sudah berpengalaman membenahi mobil Toyota di bengkel sejak 1996. 

Baca Juga: Seken Keren - Gengsi Naik Enggak Perlu Tekor, Harga Spare Part Original Toyota Camry XV40 Kini Mulai Rp 65 Ribu

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa