Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Gampang, Begini Cara Membaca Kode di Pelek Motor

Muhammad Farhan - Selasa, 31 Agustus 2021 | 18:40 WIB
Ukuran pelek belakang Honda PCX 160
Farhan
Ukuran pelek belakang Honda PCX 160

GridOto.com – Ternyata gampang banget, begini cara baca kode yang tercetak di pelek motor tipe jari-jari dan pelek racing.

Berfungsi untuk menunjukkan spesifikasi sebuah pelek, baik pelek standar motor atau aftermarket memiliki kode berupa angka dan huruf.

Supaya ringkas dan memudahkan, spesifikasi tersebut diterjemahkan dalam susunan kode yang dicantumkan pada sebuah pelek.

“Informasi yang pasti tercantum biasanya berupa diameter dan lebar peleknya. Sisanya menunjukkan jenis pelek dan standarisasi yang dimiliki pelek tersebut,” terang Wawan Ningrat, pemilik Toko Onderdil Motor Bekas yag ada di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Pelek Motor Matic Bisa Gosong, Kebiasaan Sepele Ini Penyebabnya

Contohnya pelek belakang milik Honda PCX 160, tercantum angka 13 yang artinya diameter pelek 13 inci, serta angka 3.50 artinya pelek itu punya lebar pelek 3,50 inci.

Selanjutnya untuk huruf M/C artinya untuk penggunaan motor, kemudian huruf MT menunjukkan bahwa pelek dirancang untuk pemakaian ban tubeless.

Ilustrasi kode pelek jari-jari di motor
Isal/GridOto.com
Ilustrasi kode pelek jari-jari di motor

“Kemudian kode huruf di paling belakang, seperti DOT, SNI dan JWL ini berarti standarisasi yang sudah diperoleh pada sebuah pelek,” lengkapnya.

Selain kode tadi, di bagian lain sebuah pelek juga biasanya tercantum informasi berupa merek pelek serta negara asal tempat pelek tersebut diproduksi.

Baca Juga: Apakah Ban Tubeless Bisa Dipasang di Semua Jenis Pelek Motor?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa