Pakai Baterai 'Made in Karawang,' Harga Mobil Lisitrik Hyundai di Indonesia Bisa Jadi Lebih Murah?

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:20 WIB
Hyundai IONIQ Electric bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 9,3 detik
Rizky/GridOto.com
Hyundai IONIQ Electric bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 9,3 detik

GridOto.com - Hyundai Motor Group akan membangun pabrik sel baterai di Indonesia yang diperkirakan rampung pada 2024 mendatang.

Nantinya, fasilitas hasil kerjasama dengan LG Energy Solutions ini diharapkan menghasilkan sel baterai lithium-ion, untuk mensuplai lebih dari 150.000 unit mobil listrik Hyundai dan KIA.

"Ini adalah sebuah gebrakan besar dalam memulai era elektrifikasi di Indonesia," ujar Astrid A. Wijaya selaku GM Marketing Department Hyundai Motors Indonesia (HMID) kepada GridOto.com, Senin (2/8/2021).

Meskipun tidak menjawab secara gamblang, Astrid tidak memungkiri bahwa mobil listrik Hyundai yang dipasarkan di Indonesia bisa memakai baterai dari pabrik yang akan dibangun di Karawang, Jawa Barat tersebut.

Makanya tidak heran apabila muncul pertanyaan, apakah dengan menggunakan baterai 'Made in Karawang' harga mobil listrik Hyundai bisa jadi lebih murah?

Mengingat kedua mobil listrik yang dijual Hyundai di Indonesia saat ini yaitu IONIQ Electric dan Kona Electric sama-sama dibanderol di kisaran Rp 600 jutaan OTR DKI Jakarta.

Apalagi pabrik mobil Hyundai yang akan rampung akhir tahun ini, dan gosipnya juga sudah dipersiapkan untuk memproduksi mobil listrik.

Hal itu juga bisa menekan harga jualnya di Tanah Air jadi lebih jauh lagi.

Baca Juga: Bikin Pabrik Sel Baterai di Indonesia, Tanda Semua Mobil Listrik Hyundai Akan Pakai Baterai 'Made in Karawang'?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa