Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Jawa Timur, Tol Gempol-Pasuruan Terhubung Kawasan Industri PIER

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 4 Juli 2021 | 07:25 WIB
dukung pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Timur, Jalan Tol Gempol - Pasuruan terhubung langsung dengan Kawasan Industri PIER.
Istimewa
dukung pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Timur, Jalan Tol Gempol - Pasuruan terhubung langsung dengan Kawasan Industri PIER.

GridOto.com - Guna mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Timur serta memperlancar distribusi barang dan jasa antar wilayah, PT Jasa Marga (Persero) melalui PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP) bangun akses yang terhubung langsung dengan Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER).

Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 km yang dikelola Jasa Marga ini, langsung bersinggungan dengan Kawasan Industri PIER yaitu di Gerbang Tol (GT) Rembang km 789+000.

Widiyatmiko Nursejati, Direktur Utama PT JGP, mengatakan manfaat adanya Gerbang Tol Rembang, sebagai penopang Kawasan Industri terbesar di Jawa Timur seluas 356 hektar guna mendukung transaksi ekspor-impor.

Baca Juga: Siap-siap, Jasa Marga Akan Uji Coba Rekayasa Lalin di Jalan tol Jagorawi Arah Jakarta

Lantaran komposisi gardu tol ini sengaja dirancang untuk mendukung pelayanan khusus bagi kendaraan Golongan II hingga Golongan V seperti truk kontainer dan trailer.

"Kehadiran gerbang tol Rembang yang langsung menghubungkan kota-kota sekitar Pasuruan dengan Kawasan Industri PIER," ucap Widiyatmiko dalam siaran pers yang diterima GridOto.com, Sabtu (03/07/2021).

"Diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan industri dan mobilitas logistik berskala domestik dan internasional sehingga dapat menjadi motor penggerak perekonomian, khususnya di daerah Pasuruan dan sekitarnya," sambungnya.

Selain itu, Widiyatmiko juga menjelaskan keberadaan Jalan Tol Gempol-Pasuruan memberi respons positif bagi sektor mikro, kecil dan menengah.

Baca Juga: Ini Update Terbaru Titik Penyekatan di Jalan Tol Selama PPKM Darurat

"Jalan Tol Gempol-Pasuruan juga menjadi salah satu jalur alternatif dalam memperlancar roda perekonomian bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama di kawasan mebel Bukir, Pasuruan yang berjarak sekitar 1 km dari exit Gerbang Tol Pasuruan," tambahnya.

Kawasan Bukir merupakan Kawasan sentra industri UMKM yang memproduksi berbagai macam jenis mebel dengan bahan baku terbuat dari kayu jati di daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Lebih lanjut, Ia pun memberi gambaran waktu tempuh dari Pasuruan menuju Pelabuhan Tanjung Perak via tol dapat ditempuh 1 jam.

"Jika dibandingkan dengan via jalan non tol yaitu 2 jam atau menghemat sekitar 50 persen. Tentunya diharapkan efisiensi waktu ini dapat dirasakan oleh semua pihak, baik pelaku industri besar, menengah, maupun bagi pengguna jalan lainnya,” pungkas Widiyatmiko

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa