Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Simpel, Begini Cara Merawat Fitur Brake Lock di Motor Matic

Muhammad Farhan - Jumat, 2 Juli 2021 | 11:40 WIB
Ilustrasi tuas rem belakang motor dengan fitur brake lock
GridOto.com
Ilustrasi tuas rem belakang motor dengan fitur brake lock

GridOto.com – Ternyata simpel, begini cara merawat fitur brake lock di motor matic supaya berfungsi normal dan menunjang aspek safety saat berkendara.

Punya prinsip kerja yang sederhana, perawatan fitur brake lock sebenarnya enggak sulit dan bisa kalian kerjakan sendiri di rumah.

Kalau diabaikan, tuas atau tombol brake lock pada tuas rem belakang berpeluang macet dan seret sehingga jadi sulit digunakan.

“Karena menggunakan sistem mekanis berupa engsel atau pegas, caranya cukup lumasi saja pakai cairan penetran supaya bebas karat dan lancar saat dipakai,” ujar Adhi Prasodjo, Service Advisor Yamaha Dinamika Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Bingung Mengeceknya? Begini Ciri Kampas Rem Teromol Mulai Habis

Selain itu, setelan rem belakang pun harus masuk dalam toleransi pabrikan, alias tidak terlalu dalam atau terlalu pendek.

Sebab seiring pemakaian, setelan bisa berubah atau kampas rem belakang bisa tambah tipis yang membuat fitur brake lock jadi sulit dipakai.

Periksa setelan rem tromol belakang di motor
Farhan
Periksa setelan rem tromol belakang di motor

“Kalau kampas rem sudah tipis misalnya, tentu fitur brake lock jadi enggak maksimal karena posisi tuas rem pasti jadi terlalu dalam,” lengkapnya.

Sehabis kampas rem belakang diganti baru, setelan rem pun perlu diatur ulang supaya tuas rem tidak terlalu pendek dan membuat fitur brake lock susah diaktifkan.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Secara Berkala Agar Rem Cakram Motor Bebas Macet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa