Inden Mobil Baru Bisa Saja Sebabkan Harga Mobil Bekas Naik, Begini Penjelasannya

Naufal Shafly - Rabu, 16 Juni 2021 | 21:05 WIB
Ilustrasi beli mobil bekas
Dok. Otomotif Group
Ilustrasi beli mobil bekas

GridOto.com - Insentif PPnBM 100 persen yang diberikan pemerintah selama periode Maret hingga Mei 2021, terbukti mampu menggairahkan penjualan mobil dalam negeri.

Bahkan lonjakkan konsumen tidak mampu diakomodir oleh pabrikan, sehingga antrean pemesanan atau inden pun tak terhindarkan.

Fenomena inden ini ternyata memunculkan efek domino pada industri otomotif Indonesia.

Salah satu efeknya terjadi di pasar mobil bekas, yang perputaran unitnya disebut sedikit terganggu karena adanya inden mobil baru.

Baca Juga: Perpanjangan Insentif PPnBM 100 Persen Berpotensi Timbulkan Inden, Toyota Akui Sulit Tambah Kapasitas Produksi

"Kami saat ini kesulitan belanja mobil bekas untuk dijual kembali. Sebab, cari unitnya saat ini sulit," jelas Johan dari showroom Candiko Wijaya Motor di Karawaci, Tangerang saat ditemui GridOto.com beberapa waktu lalu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yudi Budiman, selaku Owner showroom Indigo Auto di Serpong, Tangerang.

"Ya, saat ini belanja unit cukup sulit. Karena banyak orang yang menahan untuk menjual mobilnya," ucap Yudi saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Keduanya berpendapat, sulitnya berbelanja mobil bekas saat ini disebabkan pemilik ogah menjual mobil lamanya, karena unit baru yang dipesan tak kunjung datang.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa