Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalur Sepeda Akan Dibuka di JLNT Kampung Melayu, Begini Komentar Pengamat Transportasi

M. Adam Samudra - Senin, 24 Mei 2021 | 10:30 WIB
Jalur khusus sepeda di Jalan Layang Non Tol
Dishub DKI Jakarta
Jalur khusus sepeda di Jalan Layang Non Tol

GridOto.com - Pemprov DKI Jakarta mulai melaksanakan uji coba road bike jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang atau JLNT Casablanca, Minggu (23/5/2021).

Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya yang kini jadi pemerhati masalah transportasi, Budiyanto, turut berkomentar terkait hal ini.

Menurutnya, ditinjau dari aspek lalu lintas adanya jalur sepeda di JLNT sah-sah saja, namun perlu ada pertanggung jawaban secara menyeluruh.

"Dari waktu uji coba yang diberlakukan pada hari Sabtu dan Minggu pada pukul 05.00 WIB sd 09.00 WIB dari aspek lalu lintas masih dapat diterima," kata Budiyanto di Jakarta, Senin (24/5/2021).

"Namun untuk pertanggungan jawab secara ilmiah tetap perlu ada kajian baik dari aspek ekonomi, sosial dan keamanan dan keselamatan lalu lintas serta sosialisasi harus berjalan secara paralel," sambungnya.

Baca Juga: Cara Cek Tekanan Angin Ban Enggak Bisa Modal Pencet, Begini Caranya yang Disarankan

Budiyanto mengatakan, jalur khusus sepeda road bike ini dapat mengakomodir para pesepeda yang sedang berkembang cepat, namun juga harus dipertimbangkan pengguna jalan yang lain.

Pasalnya jalur sepeda ini bisa saja membuat kendaraan bermotor yang biasa melewati JLNT akan dialihkan ke jalan di bawah, hingga dialihkan ke akses jalan lain.

Ia menambahkan, Jalan Non Tol Casablanca juga cukup tinggi sehingga akan berpengaruh kepada masalah keamanan dan keselamatan para Pesepeda.

Baca Juga: JLNT Antasari Kembali Makan Korban, Kini Ford Ranger Sampai Terbalik, Ternyata Ini yang Harus Diwaspadai

"Perlu evaluasi setelah dilakukan uji coba untuk melihat kinerja lalu lintas sebelum dan sesudah dilaksanakan uji coba , respon masyarakat terhadap keberadaan jalur khusus dan dampak lalu lintas lainnya," ucapnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa