Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hari Pertama Larangan Mudik, Kemenhub Minta Petugas Tetap Tegas dan Humanis

M. Adam Samudra - Kamis, 6 Mei 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi situasi lalu lintasi di Gerbang Tol Cikampek Utama 1 jelang pemberlakuan Larangan Mudik
Istimewa
Ilustrasi situasi lalu lintasi di Gerbang Tol Cikampek Utama 1 jelang pemberlakuan Larangan Mudik

GridOto.com -  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa hari ini mulai diberlakukan periode pelarangan mudik.

Peniadaan mudik tersebut berlangsung mulai tadi malam pukul 00.00 WIB hingga tanggal 17 Mei 2021 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengungkapkan dari pihaknya bersama dengan tim gabungan dari instansi terkait sudah melakukan penyekatan di beberapa titik dan membangun Posko Lapangan Pengendalian Transportasi Lebaran.

Budi mengharapkan agar penyekatan ini dilakukan dengan koordinasi tim yang baik, antara pihaknya maupun instansi terkait lainnya dan dipatuhi oleh masyarakat.

Baca Juga: Jelang Penerapan Larangan Mudik Lebaran 2021, Dishub Siap Jaga Ketat Perbatasan Sumut dan Exit Tol Tebing Tinggi

Ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan non mudik mohon dapat mempersiapkan dokumen perjalanan yang diperlukan.

"Apabila tidak dapat menunjukkan dokumen yang dipersyaratkan, dengan sangat terpaksa, akan kami putar balik untuk melengkapi dokumen dimaksud,” jelas Dirjen Budi dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Budi menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan Posko Lapangan Pengendalian Transportasi Lebaran dilakukan di wilayah Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang antara lain berada di Jalan Nasional Pos Gerem, UPPKB Cikande, Tanjung Pura, GT Cikopo, Lingkar Nagreg, GT Pejagan, Pangkalan Angkutan Barang Kecipir, dan GT Kalikangkung.

“Ini menunjukkan apa yang dilakukan pemerintah sesuai dengan yang ada dalam regulasi," bebernya.

Baca Juga: Jangan Ditiru, Inilah Kumpulan Modus Pemudik Kelabui Petugas saat Larangan Mudik Lebaran Tahun Lalu

"Namun harus tetap fleksibel dan humanis jangan sampai menimbulkan kegaduhan dengan masyarakat. Karena ada beberapa kebijakan juga dari pemerintah daerah yang mungkin harus dipertimbangkan saat melakukan pengawasan di daerah,” ujarnya.

Adapun unsur yang bertugas pada posko tersebut terdiri dari Balai Pengelola Transportasi Darat, Dinas Perhubungan Provinsi/Kota/Kabupaten, Kepolisian Republik Indonesia, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Hari ini berfokus pada syarat perjalanan baik bagi kendaraan pribadi maupun umum yang tercantum dalam SE Satgas Covid Nomor 13/2021 dan Permenhub No 13/2021,” tutup Budi.

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa