Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

4 Tips Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan di Rumah Sambil Ngabuburit

Nana Triana - Kamis, 29 April 2021 | 11:40 WIB
Meskipun jarang digunakan mobil wajib dirawat dengan rutin.
Dok. Shutterstock
Meskipun jarang digunakan mobil wajib dirawat dengan rutin.

GridOto.com -  Ngabuburit menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan pada bulan suci Ramadan. Tradisi menunggu berbuka puasa ini biasanya diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, atau sekadar berkumpul bersama keluarga.

Sayangnya, akibat pandemi Covid-19 kegiatan ngabuburit tidak bisa dilakukan seperti sedia kala. Meski demikian, masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Salah satunya, melakukan perawatan kendaraan, seperti mobil.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, intensitas penggunaan mobil menjadi lebih rendah. Hal itu menyebabkan banyak pemilik mobil abai akan kesehatan permesinan hingga kebersihan interiornya. Ramadan kali ini bisa jadi momen Anda mencurahkan perhatian lagi dengan merawat mobil kesayangan.  

Meski tidak memiliki keahlian khusus, Anda bisa melakukan perawatan pada hal-hal yang mendasar, misalnya membersihkan eksterior dan interior mobil atau sekadar mengecek oli mesin dan air radiator.

Baca Juga: Terjawab, Ini Makna Arti JASO MA dan MB di Kemasan Oli Mesin Motor

Nah, berikut ini beberapa upaya perawatan mobil yang sederhana dan bisa Anda lakukan di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

1. Mencuci mobil

Bagi Anda yang baru saja bepergian menggunakan mobil. Sebaiknya, langsung mencucinya apalagi saat di perjalanan harus menerjang guyuran hujan.

Tentunya saat berkendara dalam situasi hujan mobil akan lebih kotor dibandingkan saat dikendarai dalam kondisi cuaca cerah.

Selain kotor, air hujan yang mengandung zat asam yang akan memberikan dampak buruk pada komponen kendaraan. Untuk itu, sebaiknya Anda mencucinya langsung setelah Anda juga bisa memoles mobil agar lebih kinclong.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa