Jangan Nekat, Ini Bahaya Pasang Ampere Sekring Lebih Kecil di Motor

Muhammad Farhan - Rabu, 21 April 2021 | 16:40 WIB
Kapasitas Sekring
Rizky/Otomotifnet
Kapasitas Sekring

GridOto.com – Jangan nekat, ini bahayanya kalau pasang sekring dengan ampere yang lebih kecil dari standar bawaan di motor.

Sekring model tancap dengan warna beragam di motor berfungsi penting sebagai pencegah terjadinya korsleting di sistem kelistrikan.

Sama seperti pasang sekring dengan ampere lebih besar, pasang sekring dengan ampere lebih kecil juga sebaiknya tidak dilakukan.

“Jika sekring bawaan pakai spek 10 A diganti dengan 5 A, risikonya sekring pasti bakal sering putus karena arus listrik yang lewat lebih besar dari yang bisa dilalui,” ungkap Oki Aditiawan, owner bengkel Sinthink Garage, Pejaten, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ini Beberapa Gejala yang Muncul Jika Sekring di Motor Putus

Hasilnya, tentu kalian bakal repot karena motor bisa tiba-tiba mati mendadak saat dipakai dan tentu juga berbahaya jika dipaksakan.

Enggak sembarangan, pastinya pabrikan motor sudah memperhitungkan berapa ampere sekring yang dipakai untuk setiap jalur kelistrikan.

Box sekring
Motorplus
Box sekring

“Cuma karena salah pasang sekring, ECU motor bisa membaca ada kesalahan fungsi dan muncul lampu malfungsi akibat spek sekring yang enggak sesuai,” lengkapnya.

Paling parah, salah pasang sekring bisa bikin komponen kelistrikan motor rusak dan terjadi kebakaran.

Baca Juga: Sekring Baru Diganti Kok Sering Putus, Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa