Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas Korslet! Perhatikan Hal Ini di Motor yang Punya Fitur Power Outlet

Muhammad Farhan - Kamis, 15 April 2021 | 12:40 WIB
Power Outlet di Yamaha Gear 125
Fariz/Otomotif
Power Outlet di Yamaha Gear 125

GridOto.com – Awas bisa terjadi hubungan arus pendek atau korsleting! Perhatikan beberapa hal ini di motor dengan fitur power outlet.

Pada motor keluaran terbaru, fitur power outlet sudah menjadi standar karena berguna untuk mengisi ulang daya baterai gadget pengguna saat di perjalanan.

Kendalanya, banyak bikers yang mungkin enggak sadar atau belum tahu kalau fitur power outlet di motor enggak bisa dipakai sembarangan.

“Power outlet di motor dirancang untuk penggunaan isi ulang daya baterai gadget, di luar itu tidak dianjurkan karena dapat merusak kelistrikan motor,” ungkap Anditia Gunawan, Service Advisor Yamaha FSS Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Cara Pasang Charger Aftermarket di Motor yang Aman dan Gampang

Secara spesifikasi, USB charger yang bisa digunakan di motor harus 12 volt dengan maksimum daya 2 ampere supaya aman dan berfungsi normal.

Jika dipasang perangkat elektronik di luar spek tadi, maka sekring akan memutus arus secara otomatis sebagai perlindungan sehingga perlu ganti sekring baru.

Periksa sekring yang berada di bawah jok jika kelistrikan motor mati
Nurul
Periksa sekring yang berada di bawah jok jika kelistrikan motor mati

“Selain itu, pastikan cover power outlet tertutup rapat pada saat kondisi hujan. Saat cuci motor juga hindari semprotan langsung mengarah ke bagian tersebut,” tambahnya.

Hal ini penting diperhatikan, terutama jika letak power outlet terlihat langsung dan tidak ada tambahan penutup laci di motor.

Baca Juga: Charger di Motor Tidak Stabil, Smartphone Bisa Gampang Rusak?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa