Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menhub Targetkan 2030 Kendaraan Listrik Dipakai Banyak Orang

M. Adam Samudra - Senin, 19 April 2021 | 09:05 WIB
Menteri Perhubungan hadiri pameran motor listrik di Stasiun bekasi
Humas kemenhub
Menteri Perhubungan hadiri pameran motor listrik di Stasiun bekasi

GridOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong kendaraan listrik di Indonesia menjadi kebutuhan massal.

Hal itu disampaikan Budi saat mengunjungi pameran kendaraan listrik yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan di Stasiun KA Bekasi Timur, Minggu (18/4/2021).

“Kita ingin kendaraan listrik ini bisa menjadi kebutuhan massal. Presiden melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, telah mengamanatkan bahwa kita harus mengarah ke penggunaan kendaraan listrik,” kata Budi.

Menhub menjelaskan, pihaknya telah menindaklanjuti Perpres tersebut dengan membuat regulasi tentang kendaraan listrik melalui Peraturan Menteri Perhubungan.

Baca Juga: Kemenperin Dukung Langkah Toyota Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Bali

Regulasi itu mengatur antara lain: pengujian tipe fisik kendaraan bermotor listrik, kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik, konversi sepeda motor dengan penggerak motor bakar menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai, dan sejumlah regulasi lainnya yang tengah disusun.

“Kami juga akan membuat Peta Jalan (Road Map). Dimana pada tahun 2030 ditargetkan kendaraan listrik sudah siginfikan digunakan oleh masyarakat banyak,” ucap Menhub.

Budi mengungkapkan sejumlah upaya lain yang telah dilakukan yaitu: mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota seperti : Bali, Surabaya, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Program BTS dilakukan dengan membeli layanan dengan subsidi 100% dari operator dengan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa