Starter Motor Bekas Bunyi Cetek Tapi Mesin Enggak Hidup, Ini Sebabnya

Muhammad Farhan - Selasa, 20 April 2021 | 08:40 WIB
Electric starter berat saat dinyalakan itu pertanda aki mulai lemah
Reyhan Firdaus
Electric starter berat saat dinyalakan itu pertanda aki mulai lemah

GridOto.comElektrik starter di motor bekas hanya terdengar bunyi cetek-cetek saat dipencet tapi mesin enggak bisa hidup, ini sebabnya.

Kalau sudah begini, biasanya elektrik starter jadi enggak bisa dipakai dan menghidupkan mesin hanya bisa pakai bantuan kick starter kalau ada.

Nah buat motor yang hanya ada elektrik starter tentu merepotkan, kira-kira sebabnya dari mana dan apa yang harus diperbaiki?

“Kalau saat ditekan hanya terdengar bunyi cetek-cetek, kemungkinan besar disebabkan dari bagian dinamo starter di motor yang bermasalah,” jawab Oki Aditiawan dari bengkel Sinthink Garage, Pejaten, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Arang Dinamo Starter di Motor Aus? Bisa Diganti, Begini Prosesnya

Dalam kondisi begini, biasanya elektrik starter masih bisa dipakai namun baru berfungsi setelah beberapa kali coba dipencet.

Solusinya, dinamo starter belum tentu harus diganti baru secara utuh karena perlu diperiksa dengan cara dibongkar terlebih dahulu.

Ilustrasi arang carbon brush dinamo starter
Dok. M+
Ilustrasi arang carbon brush dinamo starter

“Umumnya hanya bagian arang starter atau carbon brush yang sudah tipis atau kemakan, cukup diganti bagian ini saja mestinya bisa kembali normal,” jelasnya.

Namun jika kondisi bagian kumparan dinamo sudah oblak dan ada bagian yang pecah, maka barulah dinamo starter perlu diganti baru.

Baca Juga: Awas! Membiarkan Komstir Motor Bekas Aus Bisa Bikin Kalian Celaka 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa