Ingin Mendidik Anak Jadi Pembalap Motocross Handal? Ini Triknya Menurut Manajer Tim Balap

Harun Rasyid - Minggu, 11 April 2021 | 17:35 WIB
Ilustrasi pembalap motocross cilik
Harun
Ilustrasi pembalap motocross cilik

GridOto.com - Menjadi pembalap motocross tingkat nasional hingga internasional, bisa dimulai sejak anak-anak atau junior.

Namun, demi menjadi pembalap motocross junior yang hebat membutuhkan berbagai macam latihan.

Menurut Fachmi, Manager tim motocross MPS Racing, disiplin adalah hal utama yang harus diterapkan dalam mendidik pembalap motocross junior.

"Karena ini olahraga ekstrem yang berisiko tinggi, seorang anak yang mau jadi pembalap motocross harus dibiasakan disiplin," ujarnya saat ditemui GridOto.com di ajang Baja Otomotif Superblok (BOS) Junior Motocross Championship 2021, Minggu (11/4/2021).

"Jadi hampir setiap hari kecuali Sabtu Minggu, mereka akan latihan fisik dan menunggangi motor. Akhirnya mereka gak akan banyak waktu untuk bermain game atau melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat," lanjutnya.

Baca Juga: Dunia Balap Motocross Anak di Indonesia Disebut Terus Alami Kemajuan, Apa Alasannya?

Fachmi menyebut, mencari bibit pembalap bisa ditentukan dari minat seorang anak akan dunia balap.

"Mendidik pembalap motocross anak dari nol, biasanya dimulai ketika anak tersebut punya ketertarikan sama dunia balap, memiliki kemauan tinggi untuk bisa punya hingga naik motor. Dari situ nanti kami arahkan untuk bisa menjadi pembalap," jelasnya.

Ilustrasi ajang balap untuk pembalap motocross anak
Harun
Ilustrasi ajang balap untuk pembalap motocross anak


Sementara itu, Dikco Prasetyo, Manager tim motocross Rizqy Motor Boss Mild mengungkapkan, mendidik pembalap motocross junior terbilang spesial dan memiliki tantangan tersendiri.

"Sebenarnya mendidik crosser cilik itu susah susah gampang. Yang penting anak tersebut bisa dikontrol agar disiplin dan cara memberitahu buat latihan fisik dan tekniknya harus lemah lembut. Jadi pelatihnya juga harus sabar," sebut Manager team motocross asal Madura tersebut.

Baca Juga: Sudah Tahu Bahaya, Kenapa Motocross Tetap Jadi Sarana Latihan Pembalap? Ini Jawabannnya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa