Meski Ada Larangan Mudik Lebaran 2021, Kadishub Lampung Selatan Sebut Melakukan Perjalanan Masih Boleh, Begini Alasannya

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 7 April 2021 | 21:50 WIB
Gerbang Tol Bakauheni Selatan
Istimewa
Gerbang Tol Bakauheni Selatan

GridOto.com - Ramai soal larangan mudik lebaran 2021, Kadishub Lampung Selatan, Mulyadi Saleh, menyebut kalau melakukan perjalanan masih boleh. Ada tapinya nih...

Menurut Mulyadi Saleh, dalam Surat Edaran (SE) tertanggal 29 Maret 2021 itu tidak menyebukan adanya larangan bagi masyarakat untuk mudik Lebaran.

Dalam SE tersebut, kata dia, mengajak pelaku perjalanan orang dengan transportasi darat harus melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari tempat pemberangkatan sampai kedatangan.

"Pemerintah daerah berkewajiban melakukan pengawasan dengan berkoodinasi bersama stakeholder terkait," ujar Mulyadi.

Baca Juga: Ada Larangan Mudik Lebaran 2021, Polisi Tetapkan 10 Titik Penyekatan Arus Lalu Lintas di Perbatasan Kota Solo

Dikatakannya, pada poin 3 huruf C, untuk perjalanan angkutan sungai, danau dan penyeberangan, pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan bermotor umum serta angkutan sungai dan danau menjalani tes acak (random check), rapid test Antigen atau tes GeNose C19.

Lalu pada poin 3 huruf f, kata Mulyadi, dijelaskan pula bila pelaku perjalanan yang menggunakan angkutan penyeberangan, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x 24 jam sebelum keberangkatan.

Atau hasil negatif tes GeNose C19 di pelabuhan sebelum keberangkatan sambil menunggu keputusan pelaksanaan tes RT-PCR sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Bagi pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan bermotor perseorangan, diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes GeNose C19 di rest area.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa