Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Honda


Skutik Besar

Skutik Besar Jadi Motor Impian Banyak Orang, Apa Keunggulannya?

Yussy Maulia - Selasa, 6 April 2021 | 09:24 WIB
Tampilan Honda PCX 160, skutik besar yang mewah dan elegan.
Dok. PT Astra Honda Motor (AHM)
Tampilan Honda PCX 160, skutik besar yang mewah dan elegan.

GridOto.com – Belakangan ini, kehadiran skuter matik (skutik) berbadan besar sedang naik daun di Indonesia. Bahkan, skutik model tersebut juga mendominasi angka penjualan sepeda motor tahun ini.

Berdasarkan data yang dirangkum PT Astra Honda Motor (AHM), dari 290.863 unit sepeda motor yang terjual pada Februari 2021, segmen skutik besar mendominasi angka penjualan hingga 80 persen.

Tak dapat dimungkiri, skutik besar memang memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya begitu digemari oleh pengguna roda dua. Selain tampilan yang gagah, performa dan kenyamanan berkendara juga menjadi daya tarik skutik ini.

Melihat kondisi jalanan terutama di perkotaan yang padat dan macet, pengendara motor kerap mengeluhkan rasa lelah. Biasanya hal ini timbul akibat posisi duduk yang tidak pas dan kaki yang menekuk terlalu lama.

Baca Juga: Menilik Skutik Besar, Motor Kekinian yang Ramai Jadi Incaran

Selain itu, jarak perjalanan yang jauh seringkali membuat mesin jadi panas. Saat pendingin tidak bekerja optimal, tarikan gas jadi berat dan menyulitkan pengendara untuk bermanuver.

Oleh karenanya, motor dengan performa serta kenyamanan berkendara yang mumpuni jadi impian banyak pengendara. Skutik besar pun dinilai dapat mewujudkan impian tersebut. Berikut penjelasannya.

Berkendara lebih nyaman

Skutik besar didesain dengan dimensi bodi yang lebih lebar dari skutik biasa sehingga mempengaruhi posisi berkendara agar tidak mudah pegal.  

Kontur jok dan pijakan kaki (footstep) yang luas juga membuat pengendara dapat leluasa mengatur posisi duduk dan kaki.

Baca Juga: Ini Dia Versi Skutik dari Motor Trail Honda XR Baja yang Legendaris, Meski Mungil Gayanya Off-road Banget

Performa unggul untuk segala jenis perjalanan

Selain memberikan kenyamanan berkendara, saat ini skutik besar sudah dilengkapi kapasitas mesin 160cc. Dilengkapi transmisi otomatis yang mudah, skutik ini lebih mudah dikendarai. 

Ground clearance yang tinggi juga membuat skutik ini mampu menghadapi beragam jenis kontur jalanan, mulai dari jalanan perkotaan yang lurus hingga pegunungan yang berkelok-kelok.

Kapasitas bagasi luas

Tak jarang, pengendara motor sering membawa barang dalam jumlah yang tidak sedikit saat bepergian.

Beruntungnya, dimensi skutik besar yang lebar membuat kapasitas bagasinya juga luas. Biasanya, bagasi skutik jenis ini mampu menampung hingga 30 liter.

Baca Juga: Update Harga Motor Honda Skutik, Harga Scoopy Naik, All New BeAT Mulai Rp 16 Jutaan

Bagian deck depan yang luas juga bisa dimanfaatkan untuk menaruh beberapa barang bawaan tanpa mengganggu kenyamanan kaki pengendara.

Desain bodi yang elegan

Berbeda dengan skutik biasa yang lekat dengan bodi yang ramping, skutik besar  memperlihatkan bodi yang lebih gagah dan agresif.

Oleh karenanya, skutik besar ini menjadi jawaban bagi pengendara yang menginginkan motor matik yang praktis dengan tampilan lebih sporty.

Skutik besar kembali jadi primadona

Memiliki sejumlah keunggulan tersebut, belum lama ini skutik besar kembali menghebohkan jagat maya. Salah satunya, Honda PCX 160.

Skutik besar terbaru keluaran Astra Honda Motor tersebut menjadi kendaraan andalan sejumlah selebritis. Raffi Ahmad, Gading Marten, dan Andre Taulany yang tergabung dalam Geng Sultan adalah tiga dari sekian banyak selebritas yang menggunakannya.

Tiga geng sultan yang terdiri dari Andre Taulany, Gading Marten, dan Raffi Ahmad.
DOK. Tribunnews
Tiga geng sultan yang terdiri dari Andre Taulany, Gading Marten, dan Raffi Ahmad.

Dalam unggahannya di Instagram, ketiga “sultan” tersebut tampak berpose menunggangi Honda PCX 160.

Pastinya the sultan udah paling kereennn…,” tulis Raffi Ahmad dalam caption Instagramnya, Rabu (3/3/2021).

Skutik premium yang resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Jumat, (5/2/2021) tersebut merupakan generasi terbaru Honda PCX yang hadir dengan beragam ubahan dari segi desain, fitur, dan mesin.

Dari sisi penampilan luar, Honda PCX 160 mengutamakan gaya yang lebih sporty dan berkelas. Desain lampu dibuat menyudut dengan posisi lebih horizontal dan melebar dengan lampu LED yang terang dan mewah.

Ubahan juga terdapat pada ukuran ban yang lebih besar dan desain cast wheel baru. Selain itu, terdapat sematan aksen gold pada emblem dan roda yang membuat skutik premium ini tampak semakin berkelas.

Ground clearance-nya pun dibuat setinggi 135 milimeter (mm) sehingga pengendara bisa bebas melewati berbagai jenis medan.

Dari segi dapur pacu, Honda PCX 160 dibekali mesin generasi terbaru eSP+ berkapasitas 160 cc dengan empat katup di bagian kepala silindernya.

Mesin berteknologi tinggi ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Pembaruan ini juga menjadikan Honda PCX 160 lebih bertenaga dibanding varian sebelumnya berkat tambahan ukuran piston 60 mm dengan langkah 55,5 mm.

Meski menghasilkan performa mesin yang gahar, teknologi pada mesinnya didesain untuk mampu mengirit bahan bakar. Tarikan yang dihasilkan pun tetap halus, sehingga pengendara bisa bebas bermanuver.

Ketika melewati jalan yang licin, All New Honda PCX mampu menyeimbangkan putaran roda dan mencegah terjadinya selip pada ban bagian belakang berkat fitur canggih Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Sistem pengeremannya juga dibekali dengan anti-lock braking system (ABS) sehingga meminimalisir guncangan saat melakukan rem mendadak.

All New Honda PCX juga telah didukung dengan Honda Smart Key yang dilengkapi Anti Theft Alarm dan answer back system untuk mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkir.

Menilik fitur fungsionalnya, skutik premium ini memiliki bagasi penyimpanan yang luas di bagian bawah jok. Bagasi ini mampu menampung banyak barang bawaan dengan kapasitas hingga 30 liter.

Selain itu, tersedia juga USB charger dengan pengisian daya maksimal 5V 2.1A di bagian deck. Mengisi daya gadget pun dapat dilakukan dengan praktis tanpa perlu menggunakan plug.

Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, Honda PCX menjadi standar skutik besar saat ini yang dapat memenuhi kebutuhan akselerasi masyarakat.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa