Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Honda


Skutik Besar

Menilik Skutik Besar, Motor Kekinian yang Ramai Jadi Incaran

Yussy Maulia - Rabu, 31 Maret 2021 | 19:45 WIB
Ilustrasi riding nyaman menggunakan skutik besar.
Dok. Astra Honda Motor
Ilustrasi riding nyaman menggunakan skutik besar.

GridOto.com – Beberapa tahun belakangan, motor berjenis skuter matik (skutik) mendominasi jalanan. Keberadaan skutik rupanya menggusur popularitas motor bebek dan sport yang selama ini jadi andalan banyak orang.

Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, sebanyak 394.733 unit sepeda motor terjual per Januari 2021. Dari jumlah tersebut, skutik mampu mendominasi angka penjualan hingga 85,4 persen atau sebanyak 266.256 unit. 

Sementara, angka penjualan motor bebek pada periode yang sama hanya mencapai 7,6 persen atau 23.616 unit dan untuk motor sport sebanyak 7 persen atau 21.823 unit.

Jika menilik sedikit sejarahnya, skutik pertama kali muncul di Indonesia pada 2000-an. Namun, skutik saat itu lekat dengan ukuran motor yang kecil dan praktis untuk dikendarai. Dua kemudahan tersebut membuat skutik tidak hanya diandalkan oleh kaum pria, tetapi juga menjadi kendaraan favorit di kalangan wanita dan anak muda.

Baca Juga: Yuk Intip Harga Skutik Baru Honda di Akhir Bulan Januari 2021

Persaingan skutik di pasar otomotif pun terus melaju pesat. Produsen otomotif terus merencanakan inovasi baru, hingga akhirnya lahir generasi skutik baru dengan ukuran yang lebih besar.

Penampilan skutik baru yang lebar dan gagah bak motor sport awalnya memang dianggap sedikit ‘aneh’. Sebab, masyarakat umum terbiasa dengan tampilan motor skutik yang kecil dan lincah untuk melintasi medan perkotaan yang padat.

Meski demikian, lambat laun daya tarik skutik besar pun sukses mencuri perhatian banyak konsumen. Menurut Ketua umum AISI Johannes Loman, skutik besar memiliki keunggulan yang lebih menonjol dibanding model lain.

"(Penjualan) Big skutik mulai meningkat. (Alasannya) Dari sisi kepraktisan, juga dari sisi style bisa dipakai laki-laki maupun perempuan. (Beberapa) orang merasa macho juga (saat) menggunakannya," ujar Loman yang dikutip dari Motorplus-Online, Jumat (9/11/2018).

Baca Juga: V-belt Motor Sudah Harus Ganti? Segini Harga Ori-nya Buat Ragam Skutik Honda

Secara garis besar, terdapat tiga keunggulan yang ditawarkan oleh skutik bongsor ini. Berikut penjelasannya.

1. Tampilan yang mewah

Dari segi bodi, skutik besar memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan skutik biasa. Hal ini juga membuat tampilan skutik ini lebih mewah dan gahar.

Skutik besar biasanya mengadopsi gaya sepeda motor Eropa berukuran “gambot” meski mesinnya berukuran kecil.

Daya tarik ini juga menjadi sasaran bagi pengendara yang menginginkan motor matik yang praktis dengan tampilan mewah dan sporty.

Baca Juga: Jangan Kelebihan, Segini Batas Berat Gantungan Barang Dek Motor Matic

2. Kenyamanan berkendara

Selain menawarkan kemewahan, skutik besar juga menawarkan kenyamanan dalam berkendara. Bodinya yang lebar membuat pengendara bisa menyesuaikan posisi duduk saat berkendara agar tidak cepat pegal.

Selain itu, pijakan kaki yang lebar pada skutik ini membuat berkendara lebih nyaman. Pengendara dapat memposisikan kaki pada posisi standar atau menyelonjorkannya ke depan saat perjalanan jauh. Kontur jok lebih lebar dan bahannya lebih empuk sehingga bokong nyaman. 

Bagian deck yang luas juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang dengan aman tanpa mengganggu kenyamanan pengendara di perjalanan.

3. Performa andal

Seperti yang diketahui, skutik besar dikenal memiliki mesin yang gahar dengan tarikan mesin yang halus. Keunggulan ini disebabkan oleh penggunaan teknologi tinggi pada mesinnya.

Baca Juga: Video Test Ride Honda All New PCX 160, Mesin Baru Lebih Kencang?

Terlebih, saat ini hadir skutik besar dengan kapasitas mesin di atas 150 cc. Artinya, skutik model ini cocok memenuhi kebutuhan mobilitas yang tinggi.

Dari sekian banyak merk skutik besar yang beredar di pasaran, All New Honda PCX jadi salah satu skutik besar yang memiliki tiga keunggulan di atas.

Skutik premium yang resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Jumat, (5/2/2021) tersebut merupakan generasi terbaru Honda PCX yang hadir dengan ubahan menyeluruh pada bagian desain, rangka, mesin, dan fitur.

All New Honda PCX varian putih yang elegan dan sporty.
Dok. Astra Honda Motor
All New Honda PCX varian putih yang elegan dan sporty.

Beragam ubahan tersebut menjadikan Honda PCX 160 sebagai standar skutik besar kekinian yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

Bahkan, sejumlah selebritas Tanah Air seperti Raffi Ahmad, Gading Marten, dan Andre Taulany turut memamerkan antusias mereka terhadap skutik berkelas ini melalui unggahan Instagram.

Jika menilik mesinnya, All New Honda PCX dibekali mesin generasi terbaru eSP+ berkapasitas 160 cc dengan empat katup di bagian kepala silindernya. 

Mesin berteknologi tinggi ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6500 rpm.

Baca Juga: Beda dari PCX 150, Begini Spek Sokbreker Belakang Honda All New PCX

Dengan performa yang gahar, tarikan yang dihasilkan tetap halus. Skutik ini juga dilengkapi tangki berkapasitas terbesar di kelasnya serta teknologi canggih yang mampu mengirit bahan bakar.

All New Honda PCX juga didesain untuk melintasi berbagai jenis medan dengan ground clearance 135 mm. Pijakan kaki dan posisi duduk yang telah disesuaikan dengan dimensi motor pun memberi rasa nyaman saat berkendara.

Ketika melewati jalan yang licin, skutik besar premium ini memiliki fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini mampu menyeimbangkan putaran roda dan mencegah terjadinya selip pada ban bagian belakang.

Sistem pengereman pun dibekali dengan anti-lock braking system (ABS) sehingga meminimalisir guncangan saat rem mendadak. Berkendara pun semakin percaya diri dengan ukuran ban yang lebih besar dan desain cast wheel yang baru.

Baca Juga: Honda All New PCX 160 Punya Fitur HSTC, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Ubahan yang canggih juga ditemui pada desain lampu yang menyudut dengan posisi lebih horizontal dan melebar. Sistem pencahayaan dari lampu LED yang terang semakin mendukung kemewahan All New Honda PCX.

Bagian lampu depan All New Honda PCX dengan LED system yang berkelas dan elegan.
Dok. Astra Honda Motor
Bagian lampu depan All New Honda PCX dengan LED system yang berkelas dan elegan.

All New Honda PCX juga telah didukung dengan Honda Smart Key yang dilengkapi anti theft alarm dan answer back system untuk mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkir.

Dari sisi fitur fungsional, skutik besar premium ini memiliki bagasi penyimpanan yang luas di bagian bawah jok. Bagasi ini mampu menampung banyak barang bawaan dengan kapasitas hingga 30 liter.

All New Honda PCX juga dilengkapi dengan USB charger dengan pengisian daya maksimal 5V 2.1A. Mengisi daya gadget dapat dilakukan dengan praktis tanpa perlu menggunakan plug.

Baca Juga: Pakai Desain Baru, Ini Bedanya Pelek Honda PCX 160 Dengan PCX 150

Dibalut dalam delapan pilihan warna elegan yang bervariasi dari warna hitam, merah, biru, dan putih, All New Honda PCX meningkatkan kebanggaan penggunanya di setiap akselerasi.

Selain itu, terdapat penyematan aksen gold pada emblem tipe ABS All New Honda PCX yang memberikan kesan semakin mewah, berkelas, dan gagah.

Ingin selalu tampil on point saat berakselerasi? Jadikan All New Honda PCX sebagai teman mobilitas Anda sehari-hari.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa