Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Pertalite Hingga Dex di Sumatera Utara Alami Kenaikkan, Pertamina Beberkan Alasannya

Harun Rasyid - Jumat, 2 April 2021 | 14:17 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Rudy Hansend/GridOto.com
Ilustrasi SPBU Pertamina

GridOto.com - Harga berbagai BBM non subsidi di Provinsi Sumatera Utara mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, hingga Dex, terpantau mengalami kenaikan mulai Kamis (1/4/2021).

Kenaikan harga BBM non subsidi Pertamina di Sumatera Utara, berdasarkan Surat Edaran No.295/Q21030/2021-S3 tentang Pemberlakuan Tarif Baru PBBKB di wilayah tersebut.

Karena itu, harga BBM non subsidi Pertamina di Sumatera Utara, naik mulai Rp 200 hingga Rp 250.

Dari rilis resmi Pertamina, perubahan harga BBM non subsidi ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumatera Utara Nomor 01 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor).

Baca Juga: Kilas Balik Kilang Balongan yang Terbakar, Jadi Tempat Pertama Kali Produksi BBM Pertamax Turbo

Pergub tersebut, menetapkan perubahan tarif PBBKB khusus bahan bakar non subsidi dari sebelumnya 5 persen menjadi 7,5 persen di wilayah Sumatera Utara.

Sedangkan untuk tarif PBBKB Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) seperti Premium dan Jenis BBM Tertentu (JBT) seperti Bio Solar tidak mengalami perubahan.

“Dengan perubahan tarif PBBKB BBM Non Subsidi yang ditetapkan Pemda Sumut, maka kami melakukan penyesuaian harga BBM Non Subsidi yakni Pertalite, Pertamax , Pertamina Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Solar Non PSO", jelas Taufikurachman, Unit Manager Communication, Relations, & CSR PT Pertamina (Persero) Regional Sumbagut dalam rilis resminya, Kamis (1/4/2021).

Ia mengungkapkan, perubahan harga ini tak berpengaruh terhadap Program Langit Biru yang sedang digelar Pertamina di Kota Medan.

Baca Juga: Premium di Pekanbaru Langka, Ini Alasan SPBU Pertamina Enggan Menjualnya Lagi

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa