Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ubah Wajah Jakarta, Dishub DKI Dorong Perubahan Orientasi Kendaraan Pribadi ke Angkutan Umum

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 26 Maret 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi Angkutan Kota (Angkot) Jakarta
Istimewa.
Ilustrasi Angkutan Kota (Angkot) Jakarta

GridOto.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta berencana melakukan pembenahan kebijakan di sektor transportasi, yakni dari konsep Car Oriented Development (COD) menjadi Transit Oriented Development (TOD).

Susilo Dewanto, selaku Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub DKI Jakarta mengatakan perubahan kebijakan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pengunaan angkutan umum.

Khusus kendaraan pribadi dijadikan prioritas terakhir, ini dibuktikan Pemprov DKI Jakarta dengan memberikan disinsentif kepada mereka.

"Memang terjadi perubahan mendasar yang selama ini mengutamakan kendaraan, kini dibalik menjadi mengutamakan mobilitas orang sehingga pergerakan pejalan kaki menjadi urutan utama," ujar Susilo dalam diskusi online Implentasi Transportasi Berkelanjutan, Kamis (25/04/2021).

Baca Juga: Ini Alasan Kawasan Poris Plawad Jadi Proyek Transit Oriented Development

Susilo menjelaskan untuk menerapkan kebijakan TOD, pihaknya menyiapkan empat langkah besar mulai dari mengutamakan pergerakan pejalan kaki hingga mendorong penggunaan kendaraan bermotor ramah lingkungan.

"Di Jakarta didukung dengan trotoar yang cukup dan merambah di jaringan jalan. Kami juga mendorong kendaraan tidak bermotor yakni sepeda. kemudian  kendaraan listrik yang menjadi pilihan karena ramah lingkungan dan mengutamakan kendaraan umum yang masif dan terintegrasi," terangnya.

Ia pun mencontohkkan salah satu upaya penerapan kebijakan TOD di Jakarta di sektor angkutan umum seperti Jak Lingko.

Menurutnya Jak Lingko lebih dari sekadar integrasi angkutan umum, bahkan sudah menjadi ekosistem transportasi Jakarta.

Baca Juga: Transit Oriented Development Uji Publik, Tangerang Siap Jadi Kota Ramah Transportasi Umum

"Jakarta sudah melakukan satu membentuk ekosistem transportasi yang dinamakan Jak Lingko. Ini merupakan salah satu layanan yang hari ini sudah diangka 1,5 juta penumpang per hari. Ini jadi satu sistem transportasi yang perlu diteruskan dan terus dipacu pertumbuhannya," tuturnya.

Oleh sebab itu, ia meminta untuk pembenahan sektor transportasi ini memerlukan kolabasi dari pemerintah dan masyarakat.

"Kebijakan ini harus didukung bersama-sama bukan hanya pemerintah saja, juga untuk masyarakat dan stake holder bahwa yang semula Car Oriented Development (COD) akan berubah menjadi Transit Oriented Development (TOD), bahkan bisa ditambahkan menjadi Digital Oriented Development (DOD) nantinya," pungkasnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa