Transit Oriented Development Uji Publik, Tangerang Siap Jadi Kota Ramah Transportasi Umum

Rizky Septian - Jumat, 23 Maret 2018 | 13:15 WIB

Terminal Poris Plawad (Rizky Septian - )

GridOto.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama dengan pengembang, menggelar uji publik pembangunan Transit Oriented Development (TOD) Poris Plawad di Jakarta Selatan (23/3/2018).

Uji publik ini merupakan Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU).

Tujuan diadakannya uji publik ini adalah untuk memeroleh tanggapan mengenai manfaat dan dampak dari adanya KPBU terhadap kepentingan masyarakat.

Selain itu, juga untuk mengetahui minat pasar.

(BACA JUGA: Laporan Launching Kymco Ionex di Tokyo Motorcyle Show)

“Konsep pembangunan berorientasi angkutan umum atau TOD merupakan pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran," kata Firdaus Komarno, Sekretaris BPTJ sekaligus Ketua KPBU Uji Publik Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).

Rizky
Firdaus Komarno, Sekretaris BPTJ sekaligus Ketua KPBU Uji Publik Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) saat menyampaikan uraiannya mengenai TOD Poris Plawad


"TOD juga memaksimalisasi penggunaan angkutan umum massal seperti Bus Rapid Transit (BRT), Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) serta dilengkapi dengan fasilitas pejalan kaki dan bersepeda," sambungnya.

Terminal Poris Plawad adalah terminal Tipe-A di Kota Tangerang.

Di dalamnya, terdiri dari angkot dan bus yang menghubungkan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

(BACA JUGA: Astra Motor Jateng Bekali 24 Santri Keterampilan Mekanik Motor, Siap Jadi Mekanik Andal Nih)

Selain itu, terdapat Bus TransJakarta dan Bus Trans-Tangerang.

Di dekatnya juga terdapat Stasiun Batu Ceper yang memiliki peran strategis, baik itu Kereta Rel Listrik (KRL) yang menghubungkan Jabodetabek, maupun kereta bandara.