Baru Mulai Dibangun 2022, Kapan Target Jalan Tol Gilimanuk–Mengwi Bisa Rampung?

Dia Saputra - Selasa, 2 Maret 2021 | 21:15 WIB
ilustrasi Jalan Tol Gilimanuk–Mengwi
bpjt.pu.go.id
ilustrasi Jalan Tol Gilimanuk–Mengwi

GridOto.com - Setelah direncakan sejak beberapa tahun terakhir, pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi akan dimulai pada 2022 mendatang.

Proses pembangunannya sendiri masih menunggu hasil prakualifikasi pelelangan pengusahaan Tol Gilimanuk–Mengwi selesai terlebih dulu.

Pelelangan yang diadakan Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) ini sudah dimulai sejak 25 Februari 2021.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pelelangan jalan tol sepanjang 96,21 km akan selesai pada kuartal empat tahun ini.

Baca Juga: Rencana Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Malah Bikin Warga Desa Resah, Minta IMB Tidak Dijadikan Syarat Ganti Rugi Lahan

"Setelah pelelangan selesai, hasilnya akan diumumkan oleh Penetapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," terang Danang dikutip dari bpjt.pu.go.id.

Ia menjelaskan, tahap selanjutnya adalah penandatangan perjanjian pengusahaan jalan tol yang ditargetkan beroperasi penuh pada 2024.

Tol Gilimanuk-Mengwi sendiri menjadi ruas kedua setelah Tol Bali-Mandara yang bertujuan untuk pengembangan sektor pariwisata.

"Namun tujuan utamanya adalah untuk peningkatan konektivitas dari pelabuhan Gilimanuk ke Sarbagita yang kerap mengalami kemacetan," lanjutnya.

Baca Juga: Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Akan Lintasi 19 Desa di Kabupaten Tabanan, Ini Rinciannya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : bpjt.pu.go.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa