Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terjawab, Ini Fungsinya Cover Plastik yang Menutupi Mesin Motor Matic

Muhammad Farhan - Kamis, 18 Februari 2021 | 10:40 WIB
Cover plastik di blok mesin matic jangan dicopot
Farhan
Cover plastik di blok mesin matic jangan dicopot

GridOto.com – Sebagian tipe dan merek motor matic ada yang dilengkapi cover plastik pada bagian mesin, ternyata ini fungsinya.

Sebagian pengguna motor ada yang mengira cover plastik di mesin motor matic ini hanya berfungsi untuk membuat tampilan mesin tampak lebih rapi.

Makanya, ada beberapa bikers atau mekanik yang melepas cover plastik di mesin motor matic dengan tujuan memaksimalkan pendinginan di mesin, padahal salah!

“Pendinginan mesin justru bakal terganggu kalau cover plastik ini dilepas,” ujar Ahmad Matin, Kepala Mekanik AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Tips Sederhana Bikin Motor Matic Lebih Tahan Melintas Banjir

Meskipun terlihat menutupi bagian luar blok mesin motor, cover plastik yang terpasang dirancang untuk membantu proses pendinginan mesin.

Kalau diperhatikan, terdapat seperti jalur udara di bagian dalam cover plastik yang tentu dibuat berdasarkan perhitungan khusus.

Melepas cover plastik di blok mesin matic bikin overheat
Farhan
Melepas cover plastik di blok mesin matic bikin overheat

“Jalur udara tersebut berfungsi mengalirkan angin dari lubang kipas di sebelah kanan motor ke blok mesin, risikonya mesin malah jadi gampang panas kalau dilepas,” lengkapnya.

Kalau sampai terjadi overheat, mesin motor rentan mati mendadak saat dikemacetan atau bahkan bisa jebol karena kepanasan.

Baca Juga: Unik! Berkat Sabun Colek, CVT Motor Matic Bebas Berisik di Musim Hujan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa