Seken Keren: Cek Komponen Ini Demi Kembalikan Kenyamanan Honda CR-V Generasi Ketiga, Berikut Daftar Harganya

Harun Rasyid - Minggu, 14 Februari 2021 | 21:30 WIB
Honda CR-V generasi ketiga
Dok. Auto Bild Indonesia
Honda CR-V generasi ketiga

GridOto.com - Honda CR-V bekas lansiran 2007 sampai 2012, kini bisa diboyong dengan budget Rp 100 juta hingga Rp 170 jutaan tergantung kondisinya.

Meski usia tertuanya memasuki 14 tahun, desain Honda CR-V bekas tersebut masih terbilang nyaman dikendarai dan nampak berkelas sampai saat ini.

Jika hendak membeli bekasnya, ada baiknya menyiapkan budget lebih untuk mengantisipasi perbaikan komponen yang mengurangi kenyamanan saat digunakan.

"Agar Honda CR-V generasi ketiga nyaman kembali, calon pemiliknya bisa mengecek sektor kaki-kaki jika ada bagian yang mulai menimbulkan bunyi. Biasanya di bagian rack steer," buka Dwi Irfan Wahyudi, selaku Owner bengkel spesialis Honda Irfan Auto di Depok, Jawa Barat kepada GridOto.com, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga: Seken Keren: Kunci Perawatan Transmisi Otomatis dan Manual Honda CR-V Generasi Ketiga, Ada yang Minim Perawatan Sob!

Ia mengatakan, rack steer Honda CR-V generasi ketiga dapat diperbaiki atau langsung diganti jika sudah menimbulkan gejala tersebut.

"Rack steer kebanyakan di sini itu diservis, biayanya Rp 2,7 juta. Jika ganti pakai part seken Rp 5 jutaan, sedangkan ganti rack steer baru original Rp 12 juta. Untuk servis, biayanya sudah termasuk jasa bengkel serta ganti bosh dan bushing baru di rack steer," sebut Irfan.

Rekondisi Rack Steer Mobil
Radityo Herdianto
Rekondisi Rack Steer Mobil


Ia mengungkapkan, masalah bunyi di kaki-kaki Honda CR-V generasi ketiga juga dapat terjadi dari komponen lain yang memerlukan penggantian.

"Kalau bushing arm minta diganti biasanya ada bunyi-bunyi di bawah sasis. Tapi kalau mobil ada bunyi di bagian kaki-kaki, biasanya harus dicek semua. Cuma biasanya yang kena itu bushing arm belakang," papar Irfan.

Baca Juga: Seken Keren: Supaya Performanya Tetap Apik, Begini Panduan Perawatan Honda CR-V Generasi Ketiga

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa