Jangan Asal Ganti, Ini Fungsi Utama Cover Radiator di Motor Matic

Muhammad Farhan - Kamis, 11 Februari 2021 | 13:40 WIB
Cover radiator Honda Vario 125
Rizky/GridOto
Cover radiator Honda Vario 125

GridOto.com – Jangan asal ganti atau dilepas untuk sekedar tampil beda, ini fungsi utama cover pelindung radiator di motor matic.

Tidak seperti motor bebek atau sport dengan radiator, cover radiator di motor matic sudah menjadi standar dari pabrikan.

Pada motor matic kebanyakan, posisi radiator terletak di samping sebelah kanan, posisinya persis di tengah dekat pijakan kaki.

“Pabrikan melengkapi cover radiator di motor matic dengan desain bilah sirip yang dirancang untuk menangkap angin ke radiator,” jelas Ahmad Matin, Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Tips Bikin Enteng Akselerasi Honda Scoopy Injeksi, Cukup Ubah Ini

Hal ini tentu dibuat untuk memaksimalkan aliran angin yang menuju radiator, dengan tujuan supaya pendinginan mesin tetap terjaga.

Selain itu, cover tersebut tentunya dapat melindungi radiator dari terkena kotoran atau kerusakan akibat benturan dari luar.

Radiator motor matic tanpa cover pelindung, rentan rusak dan bikin mesin overheat
Istimewa
Radiator motor matic tanpa cover pelindung, rentan rusak dan bikin mesin overheat

“Dengan cover terpasang, kotoran atau kerusakan sirip radiator akibat terkena kerikil pastinya bisa dicegah,” lengkapnya.

Dalam kondisi radiator terbuka, sirip radiator juga rentan bengkok apabila kena semprotan angin bertekenan saat cuci motor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa