Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Rilis Data Penumpang Bus AKAP di Berbagai Terminal Selama PPKM

Harun Rasyid - Rabu, 27 Januari 2021 | 20:30 WIB
Ilustrasi bus AKAP di terminal
Istimewa
Ilustrasi bus AKAP di terminal

GridOto.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa -Bali sejak 11 sampai 25 Januari ini, membuat aktivitas penumpang bus menurun di wilayah Jabodetabek.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat, aktivitas penumpang menurun dari rata-rata harian di Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Pondok Cabe di Tangerang Selatan.

Penurunan penumpang di 4 terminal yang dikelola BPTJ ini, terjadi untuk keberangkatan penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) setelah 10 hari pertama Januari 2021.

Polana Pramesti, Kepala BPTJ mengatakan, pengendalian transportasi selama PPKM tetap mengacu pada aturan pemerintah yang ditetapkan saat PSBB.

Baca Juga: Nekat Balap Liar Selama Masa PPKM Jawa Bali, Ratusan Motor Diamankan Polres Kediri, Berikut Sanksinya!

“Dari sisi transportasi kita masih mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan tentunya Surat Edaran yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 ,”ujarnya dalam rilis resmi BPTJ, Rabu (27/1/2021).

Polana menyebut, berbagai pencegahan dan penyebaran Covid-19 sudah dilakukan pihaknya selaku regulator transportasi dalam aturan-aturan tersebut.

“Berdasar surat edaran yang dikeluarkan, kami lebih banyak menjalankan fungsi pengawasan termasuk dengan memperketat pengawasan di terminal-terminal yang berada di bawah pengelolaan kami termasuk menegakkan protokol kesehatan bersama Satgas Covid-19 di masing-masing daerah semaksimal mungkin,” katanya.

Baca Juga: Curhat Pengusaha Truk Masa Sulit Imbas Aturan PPKM

Meski ada penurunan, BPTJ tetap mengapresiasi tindakan masyarakat yang tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam menggunakan transportasi umum.

“Penurunan ini mudah-mudahan merupakan salah satu bentuk sikap yang bijak dan bertanggung jawab dari masyarakat dengan mengatur perjalanannya. Mudah-mudahan hal ini dapat membentuk sikap dan kesadaran masyarakat untuk bijak bertransportasi,” sebut Polana.

Aktivitas penumpang bus AKAP di terminal saat pemberlakuan PPKM
Istimewa
Aktivitas penumpang bus AKAP di terminal saat pemberlakuan PPKM

Sebagai informasi, berikut data penurunan penumpang bus AKAP selama PPKM di 4 terminal di Jabodetabek:

Data BPTJ terkait penuruan penumpang bus AKAP di Jabodetabek
GridOto.com
Data BPTJ terkait penuruan penumpang bus AKAP di Jabodetabek

*Tanda - pada persentase menandakan data tidak tercantum dari BPTJ.

*Penumpang sebelum masa PPKM berlangsung di 10 hari pertama Januari 2021.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa