Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Mesin Motor Spek Harian, Perlu Pasang Radiator Besar?

Muhammad Farhan - Rabu, 30 Desember 2020 | 13:40 WIB
Ilustrasi radiator jumbo aftermarket di motor matic Yamaha NMAX
Farhan
Ilustrasi radiator jumbo aftermarket di motor matic Yamaha NMAX

GridOto.com – Buat yang sudah upgrade performa mesin motor dengan spek harian, apakah perlu diikuti dengan pasang radiator berukuran jumbo?

Dengan adanya peningkatan tenaga akibat modifikasi pada mesin, tentu dampaknya suhu mesin bakal berisiko lebih panas dibandingkan dalam kondisi standar.

Nah menurut salah satu bengkel spesialis, enggak semua motor yang sudah upgrade performa perlu memakai radiator aftermarket yang berukuran lebih besar dari bawaan.

“Meskipun mesin sudah bore up sekalipun, spek radiator standar selama ini sudah cukup dan aman untuk motor harian,” ujar Ahmad Baharuddin, owner bengkel Matic Mania Motor, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Gampang, Ternyata Begini Cara Kuras Bagasi Motor Jika Terisi Air

Dalam menggarap atau modifikasi mesin spek harian, faktor durabilitas dan kemudahan dalam perawatan jadi pertimbangan utama selain mendongkrak tenaga.

Makanya ubahan yang dilakukan enggak terlalu ekstrim dari segi kompresi mesin ataupun diameter piston yang digunakan, efeknya mesin jadi tidak terlalu panas.

Extra Fan di radiator standar Yamaha NMAX
Otomotifnet
Extra Fan di radiator standar Yamaha NMAX

“Pasang radiator jumbo tujuannya supaya suhu mesin lebih dingin, hal ini diperlukan buat motor spek kompetisi atau balap yang memang punya panas mesin lebih tinggi,” lengkapnya.

Jika dipakai ke motor dengan ubahan yang terbilang ringan, dampaknya malah tenaga mesin kurang maksimal karena proses pembakaran jadi terganggu.

 Baca Juga: Cakram Tipis Bikin Rem Motor Tidak Pakem, Begini Penjelasannya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa