Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Efektif Upgrade Rem Motor Agar Jauh Lebih Pakem, Ternyata Cukup Ganti Dua Komponen Ini

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 26 Desember 2020 | 13:30 WIB
Begini cara hemat upgrade rem motor agar jauh lebih pakem, cukup ganti dua komponen ini.
Pradana/GridOto.com
Begini cara hemat upgrade rem motor agar jauh lebih pakem, cukup ganti dua komponen ini.

GridOto.com - Rem merupakan peranti yang sangat penting pada motor karena terkait dengan keselamatan sang pengendara dan pengguna jalan lain di sekitarnya.

Tiap pabrikan pasti sudah memiliki hitungan tersendiri untuk memastikan sistem pengereman motor lansiran mereka sudah sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, tidak sedikit juga pemilik motor yang menyematkan sistem pengereman motor mereka dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

“Alasannya juga beragam, ada yang karena motornya sudah bore-up, ada juga yang merasa sistem pengereman standar kurang mumpuni,” ujar spesialis rem motor, Leo Adiguna kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Konversi Rem Belakang Cakram Buat Yamaha All New Aerox, Pakai Part Yamaha NMAX, Cukup Rp 1,5 Juta Terima Beres

Bagi sobat yang ingin upgrade rem motor tapi punya budget terbatas, bisa melakukan upgrade secara ketengan alias per-komponen.

Soal komponen apa yang sebaiknya di upgrade lebih dulu, Leo memberikan beberapa saran agar upgrade yang dilakukan jadi lebih efektif.

“Kalau mau yang performa-nya langsung terasa, bisa ganti kaliper rem lebih dulu. Karena kaliper rem itu yang paling menentukan kekuatan pengereman motor,” terangnya.

“Upgradenya juga gak usah mahal-mahal, pakai kaliper copotan motor lain yang jumlah pistonnya lebih banyak satu dari standar aja cukup kok,” lanjut Leo.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa