Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Akhir Tahun 2020

Cerita Perjalanan Tangerang-Bali Naik Mobil Pribadi, Banyak Pemeriksaan Protokol Kesehatan?

Naufal Shafly - Senin, 21 Desember 2020 | 21:25 WIB
Ilustrasi. Dishub Padang menggelar razia protokol kesehatan pada pengendara, Kamis (25/6)
Kompas.com/Rahmadhani
Ilustrasi. Dishub Padang menggelar razia protokol kesehatan pada pengendara, Kamis (25/6)

GridOto.com - Pemerintah mengeluarkan aturan baru terkait protokol kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Peraturan ini tertuang dalam Surat Edaran No.3 Tahun 2020, yang berlaku mulai 19 Desember hingga 8 Januari 2021.

Untuk perjalanan dengan tujuan Pulau Bali, pelaku perjalanan yang memakai moda transportasi darat atau laut, baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Baca Juga: Mau Liburan Akhir Tahun? Ingat Ya, Jangan Beristirahat di Bahu Jalan!

Terkait perjalanan ke Bali ini, seorang pria bernama Robin Ong, membagikan pengalamannya kepada GridOto.com saat melakukan perjalanan Tangerang-Bali menggunakan mobil pribadi yang dimulai pada 19 Desember 2020.

Robin menceritakan, sepanjang perjalanan Tangerang hingga Banyuwangi tidak ada pemeriksaan protokol kesehatan sama sekali.

"Pemeriksaan baru ada di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, sebelum menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk," ucap Robin kepada GridOto.com, Senin (21/12/2020).

Ia mengatakan, semua calon penumpang kapal harus menunjukkan identitas mereka beserta surat hasil tes rapid antigen saat memasuki Pelabuhan Ketapang.

Baca Juga: Pengguna Kendaraan Umum Diimbau Menyertakan Rapid Tes Antigen Selama Liburan Akhir Tahun, Ini Bedanya dengan Rapid Test Antibodi

Nantinya, surat hasil tes tersebut divalidasi dengan cara distempel oleh petugas.

"Tapi sayang, saat proses tersebut petugasnya terkesan enggak siap. Enggak siap dalam arti kita diminta untuk menunjukkan protokol kesehatan (surat hasil tes rapid antigen), sementara orang antre sampai rapat-rapat," kata Robin.

"Kalau tadi sih masih belum terlalu ramai ya, jadi mungkin masih bisa diatasi. Tapi nanti kalau sudah ramai, penumpangnya sudah mulai banyak, pasti nanti agak kewalahan juga mereka," lanjutnya.

Selain di Pelabuhan Ketapang, saat di Pelabuhan Gilimanuk Bali penumpang juga harus kembali menunjukkan identitas dan surat hasil rapid test antigen kepada petugas.

Berdasarkan isi surat edaran dan cerita pengalaman di atas, sudah jelas ya sob, jika mau berpergian, khususnya ke Bali, harus mengikuti protokol kesehatan dan menyertakan surat hasil rapid tes antigen.

Tetap jaga kesehatan ya sobat GridOto.com!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa