Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat, Polisi Gunakan Sistem Acak Untuk Rapid Test Antigen Ke Pengendara di Rest Area

M. Adam Samudra - Senin, 21 Desember 2020 | 13:30 WIB
ilustrasi rest area di jalan tol yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.
tribunnews.com
ilustrasi rest area di jalan tol yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.

GridOto.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggelar Operasi Lilin 2020 terhitung mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Dalam operasi kali ini, Korlantas juga diberi tugas untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di rest area secara acak.

"Jadi nanti nantinya kita akan gelar random cek khusus menggunakan swab antigen bagi pengunjung yang melanggar protokol kesehatan," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Sebagai informasi, Operasi Lilin 2020 digelar dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru 2021. Operasi berlangsung selama 21 Desember 2020-4 Januari 2021.

Baca Juga: Jangan Kecele Rest Area di Tol Japek KM 50 Ditutup, Rencananya Mau Direlokasi ke Sini

Istiono menatakan, akan ada sebanyak 123.451 personel kepolisian yang dikerahkan untuk operasi tersebut di seluruh Indonesia.

Istiono jua menyampaikan, operasi yustisi protokol kesehatan juga akan dilakukan dengan skala besar bersama TNI.

Selain itu, perketatan pengamanan juga akan dilakukan di semua gereja, dengan menerapkan jumlah pengunjung 50 persen dan selebihnya dilakukan secara virtual.

Di samping itu, Ditjen Perhubungan Darat juga sudah menetapkan pembatasan kendaraan sumbu tiga ke atas demi kelancaran lalu lintas di tol selama libur akhir tahun.

Baca Juga: Wajib Swab Antigen Bagi Kendaraan Umum Apakah Sudah Berlaku? Ini Kata Dishub

Kendaraan sumbu tiga ke atas dilarang melintas Tol Cikampek hingga Palimanan pada 23 Desember pukul 00.00 WIB sampai 24 Desember pukul 24.00 WIB serta pada 30 Desember pukul 00.00 WIB sampai 31 Desember pukul 24.00 WIB.

"Untuk pelaksanaanya juga nanti sangat situasional. tergantung dengan pertimbangan kepolisian. karena sekarang isunnya terkait masalah aspek kelancaran  lalu lintas kita utamakan dan juga aspek kemanusiaan dalam arti dalam pencegahan Covid-19 jadi kami sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. Nanti kita akan dibantu sekitar 20 ribu untuk melakukan pengecekan rapid test antigen terutama di beberapa simpul Transportasi darat (Terminal)," Kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi.



 

Kakorlantas Irjen Istiono menuturkan, mengawasi penerapan protokol kesehatan di rest area menjadi bagian dari tugas baru polisi selama Operasi Lilin 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korlantas Polri Bakal Lakukan Rapid Test Antigen Secara Acak ke Pengunjung Rest Area", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2020/12/18/10341411/korlantas-polri-bakal-lakukan-rapid-test-antigen-secara-acak-ke-pengunjung?page=all.
Penulis : Devina Halim
Editor : Dani Prabowo

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa