Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Marlboro

Obati Rindu Bermotor di Tengah Pandemi, Yuk Stay Active dengan Cobain Solo Touring

Nana Triana - Rabu, 25 November 2020 | 13:07 WIB
Ilustrasi seorang bikers melakukan solo touring.
Dok. Shutterstock
Ilustrasi seorang bikers melakukan solo touring.

GridOto.com - Bagi bikers sejati, melakukan touring merupakan ritual wajib. Namun, sejak pandemi berlangsung, semua rencana berkendara mengunjungi destinasi yang diimpi-impikan bersama rekan satu komunitas harus tertunda untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pastinya kerinduan buat touring bersama teman komunitas memuncak dalam hati. Selain itu, ingin rasanya segera dapat menikmati pemandangan yang bisa melepaskan rasa jenuh dan stres.

Kabar baiknya, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal aktivitas di luar rumah sudah dapat dilakukan dengan lebih leluasa. Dengan begitu, lo sudah bisa mengobati kerinduan akan touring.

Eits, tapi sebaiknya tidak beramai-ramai, tetapi sendiri saja. Coba dulu melakukan touring mandiri alias solo touring ke destinasi-destinasi yang mudah dijangkau sebagai pemanasan setelah sekian lama enggak jalan jauh.

Baca Juga: Jarang yang Paham, Ternyata Cara Pakai Kunci Pas Ada Tekniknya Lho

Karena lo akan bepergian sendirian, ada baiknya jika persiapan dilakukan dengan matang. Berikut beberapa hal yang lo perlu lakukan.

1. Menyusun rencana perjalanan

Rencana touring motor sendiri membutuhkan persiapan yang matang karena lo dituntut untuk menangani masalah sendiri, baik kerusakan motor atau hal lainnya selama di perjalanan.

Oleh sebab itu, pastikan lo sudah menentukan destinasi mana saja yang ingin disinggahi. Selain itu, buat rute perjalanan.

Memang semua rute bisa mengantar lo menuju destinasi. Namun, lo perlu mengetahui bahwa efektivitas, dan keamanan masing-masing rute tidak selalu sama. Idealnya lo harus memilih rute yang paling pendek dan aman.

Baca Juga: Rawat Standar Tengah di Musim Hujan, Biar Gak Macet Kalau Mau Dipakai

Perhitungkan waktu tempuh dan tempat beristirahat juga. Pasalnya, memaksakan diri berkendara dalam kondisi kelelahan akan sangat berbahaya. 

Selain itu, lo juga mesti memastikan bahwa destinasi yang dituju berstatus zona hijau. Caranya, lo bisa mengecek lewat pemberitaan dan situs-situs informasi darurat Covid-19 yang dari pemerintah, atau berkoordinasi dengan rekan komunitas yang berdomisili di wilayah yang dituju tersebut.

2. Persiapkan fisik

Selanjutnya, yang harus lo perhatikan setelah menyusun rencana adalah mempersiapkan kondisi fisik dan mental. Pastikan kondisi tubuh lo dalam keadaan prima. Perlu lo ketahui, solo touring bisa sangat panjang.

Tak hanya kelelahan fisik saja, mental juga akan diuji dengan berbagai macam ujian saat di perjalanan. Siapkan fisik sejak dua minggu sebelumnya. Pastikan istirahat cukup, makan makanan bergizi dan sehat, serta aktif berolahraga meskipun intensitasnya ringan.

Baca Juga: Praktis! Set Kunci Sok Ini Bisa Buat Dua Jenis Ukuran Baut Sekaligus

Sebab, dengan badan yang fit, stamina lo akan terjaga selama perjalanan. Lo enggak mudah capek dan bisa stay alert.

3. Selalu mengenakan perlengkapan safety riding

Saat hendak melakukan touring, usahakan selalu mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara, ini bertujuan mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertama, kenakan helm sesuai standar untuk melindungi kepala. Kriteria helm yang digunakan harus nyaman dan aman. Oleh sebab itu, pilih yang bersertifikasi SNI.

Kedua, selalu menggunakan jaket. Sekarang ini jaket hadir dalam berbagai macam bahan, warna dan model. Pilihlah jaket yang menyerap keringat dan tidak tembus angin.

Ketiga, selain jaket, lo juga disarankan mengenakan celana panjang, dianjurkan yang terbuat dari bahan yang tebal, seperti jeans, soft canvas, kulit dan bahan lain yang bisa melindungi kaki dari paparan matahari.

Baca Juga: Ini yang Bisa Lo Lakukan Saat Rindu Aktivitas Touring Bareng Komunitas

Keempat, gunakan sepatu yang menutupi mata kaki. Sebaiknya menggunakan sepatu safety khusus touring yang sudah memenuhi standar ISO. Selain kaki terlindungi sempurna, sepatu khusus touring pastinya lebih nyaman digunakan untuk perjalanan jauh.

Terakhir, wajib menggunakan sarung tangan selain melindungi bagian tangan dari gesekan atau benturan, mengenakan sarung tangan juga melindungi tangan dari paparan sinar matahari.

4. Membawa peralatan yang diperlukan termasuk alat makan

Usahakan selalu membawa peralatan saat bepergian jarak jauh, seperti tool kit, obat-obatan, jas hujan, pakaian ganti, dan peralatan makan sendiri.

Seperti lo ketahui, touring di masa new normal akan berbeda. Lo enggak bisa makan di tempat umum dengan bebas. Oleh sebab itu membawa alat makan sendiri demi menjaga keamanan disarankan.

Baca Juga: Benarkah Masa Pakai Kampas Ganda Aftermarket Lebih Awet dari Bawaan Motor?

5. Praktikkan street manner

Saat lo berencana untuk melakukan perjalanan atau touring, selalu perhatikan keselamatan berkendara agar perjalanan lo nyaman dan aman, termasuk menaati rambu-rambu lalu lintas.

Selain menaati rambu-rambu lalu lintas, lo juga harus selalu waspada blind spot, apalagi saat melalui jalanan yang berkelok-kelok. Sehingga bila ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan lo bisa menghindarinya dengan baik.

Tak hanya itu, saat riding, arahkan pandangan jauh ke depan untuk memperkirakan kecepatan serta jarak aman. Pandangan ini juga berguna untuk memetakan kondisi jalan yang dilalui sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan seperti jalan berlubang atau rintangan lain.

Hindari untuk berasumsi akan gerakan kendaraan lain, karena bisa berakibat fatal. Nah untuk mengetahui beragam inspirasi supaya solo touring tetap bisa tetap aman dan seru klik link berikut ini.


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa