Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Marlboro

Ini yang Bisa Lo Lakukan Saat Rindu Aktivitas Touring Bareng Komunitas

Nana Triana - Senin, 23 November 2020 | 20:36 WIB
Komunitas Motor Sport Brotherhood (MSB)
GridOto.com/Fikri
Komunitas Motor Sport Brotherhood (MSB)

GridOto.com – Touring adalah kegiatan yang esensial buat komunitas motor. Bahkan menjadi agenda wajib dilakukan minimal satu kali dalam setahun.

Selain mempererat tali silaturahmi, biasanya touring juga dijadikan sebagai ajang pelantikan anggota baru dari komunitas tersebut.

Banyak pelajaran dan cerita berharga yang didapatkan seorang bikers saat melakukan touringHal inilah membuat touring begitu sangat bermakna bagi sebuah klub motor.

Sayangnya, pandemi yang berlangsung sejak delapan bulan lalu membuat aktivitas tersebut tidak bisa dilakukan untuk sementara waktu, setidaknya hingga kondisi benar-benar aman.

Baca Juga: Menapaki Ulang Tahun Ke-23 Lenteng Agung Auto Sport Makin Solid

Tidak hanya touring, sejumlah kegiatan lain pun harus terhenti. Hal tersebut membuat para bikers lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah sembari mencari cara untuk obati kerinduan kumpul-kumpul dan tentunya tetap produktif walau hanya di rumah.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas Motor Sport Brotherhood (MSB). Komunitas yang bermarkas di Meruya Utara, Jakarta Barat ini, tidak kehabisan ide untuk tetap produktif dan selalu memastikan para member-nya tetap terhubung.

Ketua Motor Sport Brotherhood, Aliando atau yang biasa disapa Om Ali menceritakan, komunitas yang ada di bawah komandonya ini tetap aktif di tengah pandemi. Kumpul-kumpul tetap berlangsung secara virtual.

Menurutnya, menjaga komunikasi dengan para member perlu dilakukan agar selalu update mengenai kabar terkini. Selain itu setiap member tetap merasakan kekompakkan.

Baca Juga: Periksa Dua Bagian Ini Kalau Indikator Bensin di Motor Bekas Ngaco

“Meskipun tidak melakukan aktivitas di luar, komunikasi tetap kami jaga untuk mengetahui kondisi teman-teman di rumah. Tak hanya itu, kami juga rutin melakukan virtual meeting sebagai pengobat rindu karena lama tidak bertemu untuk melakukan kopi darat (kopdar),” kata Ali saat ditemui GridOto.com di bilangan Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2020).

Ia menceritakan, banyak hal yang biasanya dilakukan secara langsung kini mesti dilakukan secara online, tetapi esensinya tidak hilang.  

“Kami berusaha membuat para member MSB tetap aktif di masa pandemi, beberapa kegiatan kami lakukan secara online,” tambah Ali.

Menceritakan kilas balik saat touring

Komunitas yang berdiri pada 5 Mei 2015 ini, mengisi kegiatan dengan berbagai agenda menarik salah satunya, menceritakan kilas balik perjalanan touring yang sudah dilakukan sejak 2015 silam.

Baca Juga: Cara Mudah Periksa Kondisi Sokbreker di Motor Bekas, Begini Triknya

“Saat menggelar virtual meet tentunya tak sekedar say hi, lalu ngalor ngidul. Kita selalu buat acara salah satunya, menceritakan kilas balik perjalanan touring kita dari 2015 dari masing-masing member pengalaman mana yang paling berkesan buat mereka,” ungkap Aliando.

Ia juga menjelaskan, biasanya pembahasan ini sebenarnya memang biasa dilakukan kala kopdar. Kini kebiasaan tersebut dilihkan ke pertemuan virtual.

Ketua MSB, Aliando atau biasa disapa Om Ali.
GridOto.com/Fikri
Ketua MSB, Aliando atau biasa disapa Om Ali.

Membangun kekompakan dengan bermain digital engagement

Agar tidak stress karena banyak menghabiskan waktu di rumah. Ali mengajak para member lain untuk bermain game. Selain untuk mengusir kejenuhan dan stress, dengan bermain digital engagement diharapkan bisa membangun kekompakan.

“Untuk mengatasi kejenuhan biasanya di waktu-waktu tertentu mencoba untuk bermain digital engagement. Lewat digital engagement ini juga bisa membangun kekompakan antar member MSB,” jelas Ali

Merawat motor sendiri di rumah

Biasanya, sebelum melakukan touring komunitas MSB selalu merawat motor favoritnya di bengkel. Baik itu sekadar check-up, ataupun melakukan penggantian komponen. Misalnya saja, mengganti oli. Namun, di masa pandemi ini semuanya harus bisa dilakukan sendiri di rumah.

Ali menuturkan, MSB melakukan terobosan dengan membuat beberapa tutorial agar para member yang tadinya tidak bisa merawat motornya sendiri di rumah, kini mulai sedikit paham dan mengerti minimal cara melakukan check-up motor secara mandiri.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Cek Kondisi Bearing Swing Arm dan Bearing Roda Motor?

“Kebetulan komunitas MSB memiliki mekanik yang stand by setiap saat. Akhirnya kami terpikir kenapa tidak untuk memberikan tutorial kepada para member MSB agar melakukan perawatannya sendiri di rumah. Apalagi mekanik bisa ditelepon kapan saja jika member ingin berkonsultasi,” cerita Om Ali.

Ternyata hal ini mendapat respon cukup positif, banyak member yang akhirnya paham bagaimana cara merawat motor bahkan bisa melakukan penggantian komponen sendiri di rumah.

Kalau member MSB saja bisa kenapa lo enggak? Untuk mendapatkan beragam tips dan inspirasi agar tetap produktif di rumah lo bisa klik tautan berikut ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa