Ducati Multistrada V4 2021, Motor Touring Canggih Dilengkapi Radar

Harry - Selasa, 24 November 2020 | 09:44 WIB
Ducati Multistrada V4
Ducati
Ducati Multistrada V4

GridOto.com-Ducati mengenalkan Multistrada V4 sebagai generasi keempat motor adventure andalannya itu. Pabrikan Italia itu mengklaim kalau model barunya lebih menyenangkan dan mudah untuk dikendalikan.

Slah satu highlight yang paling ditonjolkan dari motor ini adalah sistem radar yang berfungsi untuk menjaga keselamatan berkendara. Wah, sudah mirip teknologi mobil-mobil kelas atas nih.

Kemudian mesin V4 menggusur mesin L-twin yang digunakan pada generasi sebelumnya. Mesin V4 ini pertama kali digunakan untuk Ducati Panigale V4 lalu Streetfighter V4 dan kini Multistrada V4.

(Baca Juga: Ducati 1098 S Tricolore Seharga Rp 600 Jutaan Dibiarin Mangkrak Bertahun-tahun di Kantor Bea Cukai, Kondisinya Mengenaskan!)

Ducati Multistrada V4
Ducati
Ducati Multistrada V4

Menariknya pihak Ducati Indonesia sudah mulai menerima pemesanan unit loh, jadi yang berminat bisa langsung datangi dealer Ducati dikawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Tapi ada baiknya disimak dulu seperti apa sosok Ducati Multistrada V4 ini.

(Baca Juga: Salam Perpisahan Andrea Dovizioso Jelang Balapan Terakhir Bersama Ducati di MotoGP Portugal 2020)

Desain
Benang merah desain dari Multistrada tak banyak berubah. Bagian depan masih memiliki paruh bebek sebagai ciri khas dari sebuah motor adventure.

Kemudian ada sepasang lampu ganda yang sudah LED dengan pasangan LED DRL di atasnya seperti alis. Lekuk lampu depan ini sudah menjadi ciri khas dari sebuah Ducati Multistrada.

Tepat diantara paruh bebek dan lampu tadi, ada sebuah kotak hitam. Nah itu adalah radar yang dikembangkan Ducati bersama-sama dengan Bosch, perusahaan teknologi asal Jerman.

Radar Ducati ultistrada V4
Ducati
Radar Ducati ultistrada V4


Bagian tangki nampak besar, tebal dan padat. Ini lantara ada mesin V-twin, tangki bahan bakar, radiator dan desain bodi yang jika dilihat dari samping memiliki shroud besar dengan kisi-kisi yang banyak.

Ducati menyebut kisi-kisi tersebut sebagai Wind-shaped Curves, yang membantu aerodinamika motor, u ntuk meningkatkan stabilitas dan membuat hawa panas tidak mengenai pengendara.

(Baca Juga: Honda Monkey 125 Jadi Tambah Menawan Pakai Beragam Part Mewah)

Agak joplang sewaktu melihat area tengah ke belakang, yang justru nampak ramping dan ringkas tanpa banyak ornamen-ornamen bodi berlebihan. Sub frame sengaja ditonjolkan untuk memberi kesan gagah.

Ya seperti motor adventure lainnya, bagian belakang memang dibuat ramping dan ringkas, karena untuk memudahkan pengendara memasangkan pannier atau top box untuk ruang membawa barang.

Panel instrumen Ducati Multistrada V4
Ducati
Panel instrumen Ducati Multistrada V4


Teknologi Radar Canggih
Oke mari mulai dari radar yang terpasang pada Ducati Multistrada V4 ini. Soalnya enggak cuma depan saja, tapi juga ada radar yang terpasang di belakang motor loh.

Kedua radar ini berfungsi sebagai Adaptive Cruise Control dan Blind Sport Detection, yang akan membantu pengendara menghindari potensi yang membahayakan.

(Baca Juga: Beredar Kloningan Ducati Panigale 1198 SP dari Geely, Jangan Kaget Sama Harganya!)

Untuk Adaptive Cruise Control, bisa diatur jarak dengan kendaraan di depan. Fitur ini banyak digunakan mobil-mobil premium loh.

Kemudian Blind Spot Detection untuk mendeteksi kendaraan lain yang masuk area blind spot kaca spion. Ditandai dengan nyala lampu disisi luar spion kiri dan kanan.

Blins spot monitoring Ducati Multistrada V4
Ducati
Blins spot monitoring Ducati Multistrada V4


Spidometer TFT 6,5 inci bisa terkoneksi dengan smartphone loh dengan Ducati Connect, yang bisa digunakan pengguna Android atau iOs, dengan sistem mirroring.

Kemudian ada Skyhook Suspension, suspensi semi aktif yang memiliki 400 kombinasi karakter suspensi yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara. Keren banget ya?

Lalu ada 4 buah Riding Mode (touring, enduro, urban, sport), Quick Shifter, Cruise Control, Traction Control, Cornering ABS, Wheelie Control dan Load Mode untuk menyesuaikan dengan beban motor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa