Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Marlboro


leave no trace

Siapa Bilang Kopdar di Masa Pandemi Harus Ketemu, Contoh Cara Komunitas KRR W175

Nana Triana - Rabu, 18 November 2020 | 18:23 WIB
Komunitas KRR W175.
(GridOto/Nana Triana)
Komunitas KRR W175.

 

GridOto.com - Enggak salah jika lo yang tergabung dalam komunitas motor mengatakan bahwa 2020 adalah tahun yang lumayan “kering”.

Pasalnya, banyak kegiatan yang lo lakukan bareng komunitas harus tertunda bahkan gagal terlaksana akibat pandemi yang merebak di Indonesia.

Meskipun demikian, situasi ini bukan berarti bisa merenggangkan brotherhood di antara sesama anggota dan membuat komunitas-komunitas motor tidak berdaya.

Nyatanya, sejumlah komunitas berhasil menyiasati agar tali silaturahmi antar-anggota tetap terjaga walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung.

Selain itu, Mereka juga memiliki cara tersendiri untuk mengatasi penat dan stress akibat kerinduan untuk riding bareng teman komunitas.

Baca Juga: Jangan Asal Lempar Sampah dari Kendaraan, Bisa Kena Denda Segini Sob!

Salah satunya, seperti yang dilakukan komunitas KRR W175. Di mana mereka memiliki kiat khusus agar bisa tetap terhubung dan aktif meskipun banyak melakukan aktivitas di rumah.  

Ketua Umum KRR W175 Gabriel Zacharias, menceritakan bahwa selama PSBB komunitas yang digawanginya memang menghentikan semua kegiatan sampai situasi kembali kondusif

“Kami memiliki beberapa agenda rutin. Setiap dua bulan sekali (biasanya kami) menggelar touring dan tiga bulan sekali menggelar kopdar gabungan bersama seluruh chapter. Selama PSBB Maret lalu dan saat PSBB ketat kembali berlaku, semua ditunda,” tutur Gabriel saat ditemui GridOto.com, Kamis (22/10/2020).

Sepanjang PSBB, komunitas yang mendeklarasikan diri pada 21 April 2018 ini atur siasat. Mereka tetap menyelenggarakan kopdar, tetapi dengan cara yang berbeda. Setiap chapter yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, dan Lampung secara rutin melakukan kopdar virtual agar tetap nyambung.

Baca Juga: Rantai Bawaan Motor Sudah Pakai O-ring Atau Belum? Begini Cara Bedakannyanya !

“Saat PSBB kita memanfaatkan virtual meeting agar stay connected dengan seluruh member KRR,” kata pria yang akrab disapa Om Gab tersebut.

Manfaatkan digital platform untuk tetap aktif

Seperti diketahui, saat ini pembatasan sosial di DKI Jakarta sudah kembali dilonggarkan. Indonesia pun telah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) sehingga sejumlah kegiatan berangsung-angsur berjalan seperti sedia kala.

Namun, situasi belum sepenuhnya kondusif buat kumpul-kumpul dengan banyak orang. Komunitas motor retro ini pun tak buru-buru melaksanakan kegiatan secara normal.

Banyak aktivitas yang dilakukan secara tatap muka untuk saat ini dilakukan secara virtual termasuk dalam menyusun program kerja dan agenda-agenda kegiatan KRR.

Ketua umum KRR W175 Gabriel Zacharias.
(GridOto/Nana Triana)
Ketua umum KRR W175 Gabriel Zacharias.

 “Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, KRR terus berupaya tetap aktif untuk merencanakan berbagai agenda yang semoga nanti bisa terlaksana setelah situasi benar-benar kondusif. Untuk itu jajaran pengurus tetap aktif berkomunikasi dan menggelar rapat secara virtual menggunakan digital platform,” kata Om Gab.

Selain itu, Gabriel menegaskan di tiap-tiap chapter pun aktivitas dilakukan secara online dengan beragam materi agar komunitas tidak merasa jenuh.

“Setiap melakukan kopdar secara virtual teman-teman chapter yang terbesar di beberapa daerah selalu mengusung tema unik sehingga tidak merasa jenuh dan kerindungan untuk bertatap muka secara langsung pun terobati,” tambah Om Gab.

Membuat beragam tantangan agar tetap terhibur

Selain melakukan kopdar secara virtual, komunitas KRR W175 memiliki cara tersendiri agar tetap terhibur selama di rumah, yakni dengan melakukan berbagai tantangan.

Salah satunya dengan membuat tantangan berbasis video yaitu Passed The Helm Challenge.  Para anggota KRR seolah-olah melemparkan helm ke teman lainnya, selanjutnya yang menerima helm langsung menggunakan perlengkapan riding lainnya seolah-olah hendak berangkat melakukan touring.

Baca Juga: Helm Kehujanan Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari, Ini Efeknya

“Dalam rangka menyambut Anniversary KRR W175 yang kedua, kami mencoba membuat video Helm Challenge tersebut sebagai bentuk kerinduan kami untuk melakukan touring dengan seluruh anggota KRR,” kata Om Gab.

Dalam video tersebut terlihat seluruh anggota begitu sumringah dan merasa sangat terhibur. Setidaknya, meski belum bisa bareng-bareng menjelajah atau mengobrol langsung teman-teman satu komunitas dapat melepas sedikit kepenatan.

Nah, bagi lo yang sudah tak tahan menahan kerinduan ingin segera bertemu dan melakukan kegiatan bareng bisa meniru apa yang dilakukan oleh komunitas KRR meski terpisah jarak mereka bisa stay connected dan tetap terhibur.

Temukan juga beragam inspirasi dan tips-tips menarik yang bisa lo lakukan selama di rumah dengan aman serta terkendali klik tautan berikut ini.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa