Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Banyak Pemotor Masih Langgar Aturan Jalur Cepat, Pakar Safety Bongkar Alasan Adanya Aturan Ini

Harun Rasyid - Rabu, 18 November 2020 | 07:45 WIB
Ilustrasi jalur lambat di kiri dan jalur cepat di kanan
Harun/GridOto.com
Ilustrasi jalur lambat di kiri dan jalur cepat di kanan

GridOto.com - Jalan protokol atau jalan raya non-tol di Indonesia biasanya terbagi dalam 2 jalur, yaitu jalur lambat dan jalur cepat yang dipisah dengan pembatas jalan atau separator.

Bagi yang belum tahu, menurut UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 108, jalur lambat dikhususkan untuk kendaraan dengan kecepatan rendah seperti motor, kendaraan roda tiga dan mobil angkutan barang.

Meski begitu, masih ada saja pengendara motor atau kendaraan lain yang menghiraukan aturan lalu lintas tersebut dengan berbagai alasan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, regulasi jalur lambat dan jalur cepat dibuat tanpa adanya tujuan yang bermanfaat bagi para pengguna jalan.

Baca Juga: Street Manners: Berpotensi Tertabrak, Motor Jangan Masuk ke Jalur Cepat!

"Sebenarnya pengendara motor dan kendaraan lain yang harusnya masuk jalur lambat tetap masuk jalur cepat karena kurang paham menyikapi aturan ini, padahal aturan ini dibuat untuk menekan risiko bahaya," buka Sony saat dihubungi GridOto.com, Selasa (17/11/2020).

"Kalau aturan ini tidak dipatuhi para pengguna jalan, lalu lintas akan jadi semerawut dan bahkan bisa mencelakai pengguna jalan lain," sambungnya.

Masih banyak ditemukan sepeda motor yang masuk jalur cepat di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Masih banyak ditemukan sepeda motor yang masuk jalur cepat di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur


Selain itu menurut Sony, aturan pembagian jalur cepat dan lambat adalah untuk keteraturan laju kecepatan kendaraan yang melintas di jalan dan berbagai tujuan lainnya. 

"Fungsi pembagian jalur cepat di kanan dan lambat di kiri tujuannya agar kecepatan kendaraan yang melintas menjadi selaras. Selain itu alasannya karena banyak objek statis dan dinamis di kiri jalan, sehingga dibuat dan disepakatilah aturan tersebut," sebutnya.

"Lalu jalur sisi kanan kenapa menjadi jalur cepat? harapannya jika ada kendaraan yang melaju di jalur cepat dan mau mendahului kendaraan lain akan menyalip dari sisi kanan yang lebih aman. Sehingga lebih mudah terlihat di spion kendaraan di depan" tambah Sony.

Baca Juga: Operasi Patuh Jaya Tak Memberi Efek Jera, Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Timur Tetap Saja Terjadi

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa