Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Mobil Yang Jadi Saksi Lahirnya Hari Pahlawan 10 November

Laili Rizqiani - Selasa, 10 November 2020 | 10:34 WIB
Mobil yang menjadi pemicu lahirnya Hari Pahlawan, 10 November
Wikipedia.org
Mobil yang menjadi pemicu lahirnya Hari Pahlawan, 10 November

GridOto.com - Hari Pahlawan Nasional diperingati tanggal 10 November setiap tahunnya, hal ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Menilik sejarahnya, peringatan Hari Pahlawan Nasional untuk mengenang pertempuran yang terjadi antara Indonesia melawan Belanda pada 10 November 1945.

Ada kejadian yang melatarbelakangi meletusnya pertempuran di Surabaya ini, yakni tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945.

Baca Juga: Intip Nih Mobil Jendral Soedirman, Gagah Bener Punya Puluhan Warna

Brigjen Mallaby atau yang bernama lengkap Aubertin Walter Sothern (A.W.S.) Mallaby merupakan komandan  komandan Brigade 49 Divisi India.

Mallaby memimpin lebih kurang 6.000 pasukan Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI), pasukan Sekutu yang dikirim ke Tanah Air untuk melucuti senjata tentara Jepang.

Brigjen Mallaby mulai memasuki Surabaya pada 25 Oktober 1945, namun kedatangannya mendapat perlawanan dari pasukan Indonesia.

Hingga pada 30 Oktober 1945, Brigjen Mallaby tewas dalam pertempuran pasukan AFNEI dan Indonesia, serta  mobil yang ditumpanginya terbakar di dekat Jembatan Merah, Surabaya.

Baca Juga: Mengungkap Makna dan Sejarah Tiga Perisai dalam Logo Buick

Melansir berbagai sumber, Saat itu Brigjen Mallaby menunggangi mobil Buick 8 yang merupakan buatan perusahaan otomotif Amerika Serikat, Buick yang diproduksi pada tahun 1939.

Ilustrasi Buick Eight
https://car-from-uk.com
Ilustrasi Buick Eight

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3,9  dan lebar 2,29 mm, serta tinggi 1,6 m.

Buick 8 dibekali mesin berkubikasi 5.247cc 8-silinder 2-katup yang mempu menghasilkan tenaga  tenaga 141 dk pada putaran 3.600 rpm.

Selain terkenal dengan peristiwa bersejarah 10 November, Buick 8 juga dikenal sebagai mobil dinas Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com,wikipedia,sumsel.tribunnews.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa