Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Endapan Kotoran, Ini Zat Aditif Penting di Bahan Bakar Diesel

Radityo Herdianto - Kamis, 20 Agustus 2020 | 10:00 WIB
Pertamina pastikan Solar di wilayah Bontang aman.
Istimewa
Pertamina pastikan Solar di wilayah Bontang aman.

GridOto.com - Cegah endapan kotoran penyebab penyumbatan, inilah zat aditif penting yang ditambahkan di bahan bakar diesel.

Untuk menjaga kualitas bahan bakar pada dasarnya sudah ditambahkan zat aditif tertentu untuk menjaga pembakaran yang optimal.

Tidak terkecuali bahan bakar untuk mesin diesel selain dari angka cetane juga ditambahkan zat aditif khusus untuk menjaga kualitasnya.

"Khusus untuk bahan bakar diesel sudah ditambahkan zat aditif khusus namanya dispersant," ujar Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada GridOto.com.

Menurut Tri, bahan bakar diesel mengandung senyawa sulfur yang bisa menjadi partikel kotoran penyebab penyumbatan saluran bahan bakar.

Nozzle Bahan Bakar Diesel di SPBU
Rianto Prasetyo / GridOto.com
Nozzle Bahan Bakar Diesel di SPBU

Baca Juga: Pakai Oli Heavy Duty di Mobil Diesel Penumpang Punya Efek Buruk?

"Mesin diesel juga berbeda dengan bensin, saat mesin mati masih ada sisa bahan bakar di dalam injektor," tutur Tri.

Saat terjadi perubahan suhu panas dan dingin bahan bakar yang tersisa di dalam injektor bisa mejadi deposit penyumbat injektor.

"Ditambah lubang injektor mesin diesel punya ukuran yang lebih kecil dari injektor bensin, rawan mampet kalau terjadi penyumbatan," jelas Tri.

Penambahan zat aditif dispersant berfungsi untuk memecah kotoran yang ada di dalam bahan bakar sehingga meminimalisir kerak dan endapan kotoran.

"Deposit di dalam injektor juga bisa dicegah karena kotoran dipecah untuk larut kembali ke bahan bakar dan tersaring filter solar," terang Tri.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa