Mobil Mesin Diesel, Bagus Pakai Oli Heavy Duty atau Light Duty?

Radityo Herdianto - Sabtu, 15 Agustus 2020 | 12:00 WIB
PTT Oil Heavy Duty Diesel Engine dan Gear Oil
Radityo Herdianto / GridOto.com
PTT Oil Heavy Duty Diesel Engine dan Gear Oil

GridOto.com - Mobil dengan mesin diesel, lebih bagus pakai oli mesin heavy duty atau light duty? Begini penjelasan produsen.

Pada produk oli mesin diesel biasanya disematkan identitas heavy duty atau light duty mengikuti konstruksi dan karakter mesin diesel.

Dalam pemilihan oli mesin diesel baik heavy duty atau light duty sebaiknya menyesuaikan rekomendasi pabrikan terhadap spek mesin.

"Sebenarnya tidak ada masalah antara kedua oli tersebut digunakan pada mobil mesin diesel," buka Alvin Suwarna, Director PTT Oil Indonesia kepada GridOto.com.

Namun, Alvin menekankan sebaiknya penggunaan kedua jenis oli mesin diesel ini disesuaikan dengan peruntukannya.

Modifikasi Toyota Kijang Innova Diesel jadi off-road
Instagram/@babooon2kd
Modifikasi Toyota Kijang Innova Diesel jadi off-road

Baca Juga: Cara Kerja Klakson Waterproof Cegah Suara Jadi Sember, Simak Nih

Untuk mobil diesel jenis penumpang yang biasa digunakan untuk pemakaian harian atau perjalanan antar kota sebaiknya menggunakan oli light duty.

"Orientasi oli light duty adalah efisiensi serta optimalisasi performa dengan meringankan beban kerja mesin layaknya mobil harian pada ummnya," tutur Alvin.

Berbeda dengan mobil jenis komersil yang memang peruntukkannya mengangkut beban berat atau perlu durabilitas yang tinggi.

"Untuk itu adanya oli heavy duty yang mendukung beban kerja mesin berlebih, meredam panas lebih kuat, serta pemakaiannya yang lebih long term," jelas Alvin.

"Tapi tidak menutup kemungkinan juga mobil diesel penumpang pakai oli heavy duty kalau fungsinya untuk mobil pekerja atau operasional yang butuh durabilitas," tambah Alvin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa