Tren Pencarian Mobil Bekas di Google Perlahan Mulai Pulih, Sempat Turun Akibat Pandemi Covid-19

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Jumat, 14 Agustus 2020 | 18:50 WIB
Ilustrasi mobil bekas
Dok. GridOto
Ilustrasi mobil bekas

GridOto.com - Konsumen biasanya mencari mobil bekas langsung menuju dealer supaya dapat melakukan pengecekan, mulai dari harga hingga kelengkapan unit.

Namun di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, konsumen yang malas datang langsung ke dealer mobil bekas biasanya lebih dulu mencari informasi melalui mesin pencarian Google.

Berdasarkan data yang dibagikan Google Indonesia, minat konsumen terhadap mobil bekas saat ini terpantau masih tinggi.

Meksipun pencarian kata kunci (keyword) mobil bekas di Google mengalami penurunan, jika dibandingkan saat sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cari Mobil Bekas Tahun 90-an? Showroom Ini Penuh Toyota Kijang Super, Harga Mulai Rp 20 Jutaan!

"Google trends pencarian untuk mobil bekas kita tahu teman-teman media mungkin ada yang menulis soal mobil bekas, dan tren penjualan mobil bekas pada saat ini seperti apa. Berdasarkan data kami pencarian keyword mobil bekas turun, tapi tidak terlalu signifikan," ujar Yudistira Adi Nugroho, selaku Industry Manager Google Indonesia dalam press conference IOOF 2020, Jumat (14/8/2020).

Meski begitu, Yudistira menjelaskan kalau tren penurunan ini secara perlahan mulai mengalami pemulihan di minggu pertama Agustus 2020.

Data analisis pencarian keyword mobil bekas di Google
Google Indonesia
Data analisis pencarian keyword mobil bekas di Google

Sehingga secara persentase penurunannya tidak lebih besar, atau terjadi kenaikan jika dibandingkan dengan titik terendahnya pada Maret 2020 lalu.

"Dari sisi pemulihannya pun juga kian meningkat, sehingga bila dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 pun hanya minus 15 persen," katanya lagi.

Baca Juga: IOOF 2020 Siap Sapa Masyarakat Indonesia, Festival Otomotif Daring yang Pastinya Seru Banget, Catat Tanggalnya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa